PLTU Cilacap Ekspansi Mulai Beroperasi

pembangkit-listrik-tenaga-uap

PT PLN (Persero) terus memperkuat pasokan listrik sistem Jawa-Bali dengan mulai beroperasinya pembangkit listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap Ekspansi 1×660 megawatt (MW) di Cilacap.

Direksi Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang mengatakan, PLTU Cilacap Ekspansi telah melalu serangkaian uji coba ketahanan dan sinkronisasi. Pembangkit tersebut telah dinyatakan lulus uji coba dan mendapatkan sertifikat laik operasi. Setrum dari pembangkit ini akan masuk dalam interkoneksi Jawa-Bali melalui jaringan 500 kilovolt (kV) Adipala-Kesugihan.

“Artinya pembangkit ini akan meningkatkan pasokan hingga 660 MW dan berpotensi menambah pelanggan baru hingga 350 ribu ribu pelanggan. Pembangkit ini juga akan memperkuat keandalan operasi sistem Jawa-Bali secara keseluruhan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan,” kata dia dalam keterangan resminya, Kamis (16/6).

Untuk menandai pengoperasian PLTU Cilacap Ekspansi, PLN meneken dokumen comercial operation date (COD) dengan PT Sumber Segara Primadaya selaku pengembang. Penandatanganan dilakukan oleh Nasri bersama Direktur Utama Sumber Segara Primadaya Muhammad Rasul.

Nasri memaparkan, PLTU Cilacap Ekspansi dibangun di atas lahan seluas 39,28 hektaf di lokasi yang sama dengan PLTU Cilacap 2×300 MW. Durasi pembangunan PLTU Cilacap Ekspansi Iebih cepat dari kontrak yang disepakati, yakni hanya memakan waktu 32 bulan saja. Listrik dari PLTU ini dibeli PLN pada harga US$ 7,55 sen per kilowatt hour (kWh) dengan asumsi harga batubara US$ 72,06 per ton.

Info Terkait :   PT Bukit Asam Kembangkan PLTU di Sumatera

Secara pararel, guna menunjang PLTU Cilacap Ekspansi, PLN juga berhasil memperkuat sistem Jawa dan Bali melalui pengoperasian Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) sebesar 500 kV. “Dengan semua penambahan pasokan dan saluran tegangan listrik, kami sangat berharap bisa memberikan peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat,” ujar Nasri.

PLTU Cilacap Ekspansi dikembangkan oleh S2P dengan sponsor PT Sumber Energi Sakti Prima 51% dan PT Pembangkitan Jawa Bali 49%. Secara keseluruhan, jumlah pelanggan di Regional Jawa Bagian Tengah mencapai Iebih dari 22 juta pelanggan. Jumlah pelanggan ini tumbuh sebesar 4.83 % pada 2015 lalu.

Sumber : Investor Daily 17 Juni 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *