PLTS Cirata 1 MW Resmi Beroperasi

plts-cirata-1mw

PT PLN (persero) meresmikan pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbesar di pulau Jawa dengan kapasitas 1 Megawatt (MW). Pembangkit itu terletak di Desa Cadas Sari, Kecamatan Tegal Waru, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. PLTS dikelola oleh PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) Unit Pembangkitan Cirata.

“PJB sudab banyak membangun dan mengoperasikan pembangkit PJB ingin mengembangkan pembangkit, dengan menggunakan energi terbarukan,” kata Direktur Utama PJB Muljo Adjie dalam sambutannya di Purwakarta, Jawa Barat Kamis (15/10).

Muljo menuturkan pembangkit ini berada diatas lahan seluas 1,5 hektar. Adapun investasi PLTS ini mencapai Rp 28 miliar. Proyek ini dimulai dibangun sejak 2014 dan uji coba penyaluran (commissioning) setrum dilakukan untuk daerah sekitar Cirata pada 17 September kemarin. Sekitar 10 bulan proses pembangunan proyek ini. “Dari uji coba sampai sekarang telah disalurkan 60.000 Kwh,” ujarnya.

Lebih lanjut Muljo menuturkan setrum PLTS ini tidak disalurkan ke jaringan transmisi Jawa-Madura-Bali. Pasalnya PLTS ini merupakan bagian dari penelitian bagi PLN untuk membangun pembangkit serupa di tempat lain. PLTS ini berada di kawasan pembangkit listrik tenaga air (PLTA Cirata) sehingga melengkapi fasilitas Cirata Green Energy Campus (C-GEn Campus). Fasilitas itu merupakan pusat studi pembangkit energi baru terbarukan PJB. “Ini khusus untuk research center pada saatnya kami membangun PLTS di tempat lain,” ujarnya.

Info Terkait :   Rumah Bisa Jual Listrik Tenaga Surya ke PLN

Di tempat yang sama, Direktur Bisnis Regional Jawa Barat PLN Nasri Sebayang menambahkan PLTS ini didesain khusus untuk keperluan riset terkait pengayaan dan pengalamaan untuk pengaplikasian PLTS skala besar di Indonesia. Adapun teknologinya memakai Thin Film CIS dengan efisiensi tertinggi yang masih langka di Indonesia. Dua jenis inverter dan dua jalur output dipasang pada PLTS ini.

Nasri menuturkan setrum yang dihasilkan PLTS ini disalurkan melalui dua jalur output. Satu jalur output mengarah ke jaringan PLTA Cirata untuk diteruskan ke jaringan 500 KV. Jalur lainnya ke jaringan tegangan menengah PLN yang bersifat lokal. Kedua output itu untuk mengamati karakteristik PLTS pada jarangan yang berbeda. “PLTS ini on grid system. Jadi tidak dilengkapi baterei. Hanya bisa beroperasi siang hari saja,” ujarnya.

Sumber : Investor Daily 16 Oktober 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id

3 thoughts on “PLTS Cirata 1 MW Resmi Beroperasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *