PLTP Ulubelu 3&4 Perkuat Kelistrikan Lampung 2017

PLTP-Ulubelu-Lampung

PT Pertamina (Persero) terus mempercepat pengerjaan proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Ulubelu Unit 3 dan 4 berkapasitas 2×55 megawatt (MW). Pembangkit ini ditargetkan dapat memperkuat kelistrikan Provinsi Lampung pada 2017 nanti.

Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam mengatakan, PT Pertamina Geothermal Energy selaku anak usaha perseroan mengerjakan proyek ini dari hulu hingga pembangkitnya. Sehingga, nantinya PGE akan menjual listrik ke PT PLN (Persero). Saat ini, pengerjaan kedua unit pembangkit itu sudah mencapai 56,12%.

PLTP Ulubelu Pasok 23% Listrik Lampung

Dengan kemajuan tersebut, PLTP Ulubelu akan tuntas sesuai target, yaitu Agustus 2016 untuk PLTP Ulubelu unit 3 dan Juni 2017 untuk PLTP Ulubelu unit 4. “Jika tuntas, secara keseluruhan PLTP Ulubelu akan berkontribusi sebesar 23% dari total pasokan listrik untuk Lampung,” kata dia dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Daya terpasang di Lampung saat ini mencapai 832,2 MW. Sebanyak 52% merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), 19% dari Pembangkit listrik Tenaga Diesel (PLTD), 14% Pembangkit listrik Tenaga Air (PLTA), dan hanya 13% dari PLTP. Pada 2017 ketika. daya terpasang mencapai 994 MW, PLTP Ulubelu 1,2,3 dan 4 akan berkontribusi sebesar 220 MW.

EPC PLTP Ulubelu 3 & 4

Syamsu Alam juga mengungkapkan, paket rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, and construction/EPC) PLTP Ulubelu 3 & 4 digarap oleh konsorsium Sumitomo-Rekayasa Industri sebagai bentuk pemberdayaan kemampuan nasional. Kemudian Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI), anak perusahaan yang bergerak di bidang pengeboran, bertindak selaku pelaksana pekerjaan pengeboran sumur.

Info Terkait :   Dana Energi Panas Bumi Rp 5 Triliun Khusus untuk BUMN

Pemboran sumur di PLTP Ulubelu mencapai 23 sumur yang terdiri dari 17 sumur produksi dan enam sumur injeksi. Saat ini, 20 sumur telahberhasil dibor, dengan perincian 16 sumur produksi dan 4 sumur injeksi. “Saat ini rig PDSI sedang persiapan untuk pengeboran sumur produksi,” ujar Syamsu.

Pertamina Giat Bangun PLTP

Pertamina terus menggenjot pertumbuhan kapasitas pembangkit listrik panas bumi menjadi 1.026 MW hingga 2019 dengan investasi sekitar US$ 2,5 miliar. Hal ini untuk mendorong pemanfaatan panas bumi nasional yang saat ini masih berada di kisaran 5% dari total sumber daya yang dimiliki.

Pertamina baru saja mulai mengoperasikan PLTP Kamojang Unit 5 berkapasitas 1×35 MW. Selain PLTP Ulubelu, perseroan juga tengah menggarap PLTP Karahan 1×30 MW di Tasikmalaya dan Garut, Jawa Barat Pembangkit tersebut ditargetkan mulai beroperasi pada Desember 2016.

Proyek selanjutnya PLTP Lumut Balai unit 1 dan 2 dengan kapasitas 2×55 MW di Sumatera Selatan. Untuk unit I ditargetkan beroperasi pada Desember 2016 dan unit II beroperasi pada Juni 2018. PLTP Lahendong unit 5 dan 6 berkapasitas 2×20 MW di daerah Tompaso, Sulawesi Utara. Unit 5 ditargetkan beroperasi pada Desember 2016 sedangkan unit 4 ditargetkan beroperasi pada Desember 2017.

Sumber : Investor Daily 19 Agustus 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *