PLTM Sapaya 5,2 MW akan Dibangun di Sulsel

mini-hidro

PT Sumberdaya Sewatama, pengembang listrik swasta (independent power producer/IPP), sedang membangun pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTM) di Sapaya, Sulawesi Selatan dengan kapasitas 5,2 megawatt (MW).

Proyek tersebut merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk mengembangkan energi terbarukan.

PLTM Sapaya Target Operasi 2017

Pembangkit tersebut ditargetkan akan beroperasi pada 2017. Proyek pembangunan pembangkit tahap pertama itu diperkirakan menelan dana Rp132 miliar.

Pembangunan PLTM tersebut merupakan proyek kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa.

Chief Operating Officer temporary Power Business Sewatama Edi Prayitno Hirsam mengatakan konstruksi pembangkit telah dilakukan pada bulan lalu menyusul selesainya pembuatan akses jalan ke lokasi pembangkit.

Setelah beroperasi nanti, PLTMH Sapaya akan menyuplai listrik ke PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) Sistem Distribusi rayon Kalebajeng untuk melistriki wilayah Kabupaten Gowa melalui Feeder Parambanoa.

Setelah beroperasi nanti, selain masyarakat bisa menikmati daya yang dihasilkan, keberadaan PLTM Sapaya ini juga meningkatkan keandalan dan fleksibilitas sistem distribusi Parambanoa milik PLN.

Distribusi itu meliputi Kecamatan Sapaya, Kecamatan Bonto Lempangan, Kecamatan Tbmpo Bulu dan Kecamatan Tinggi Moncong. Namun, hingga kini perjanjian jual beli listrik (purchasing power agreement/ PPA) dengan PLN belum juga ditandatangani. “Masih menunggu untuk persetujuan PPA dengan an PLN,” kata Edi.

Edi menyebutkan proyek pembangkit itu bukanlah bagian dari proyek pembangkit nasional dengan kapasitas 35.000 MW, “Proyek ini di luar 35000 MW yang dicanangkan oleh pemerintah.”

Info Terkait :   ABM Bidik Pembangkit Listrik 1000 MW

Perusahaan mengklaim dari aspek pemenuhan aturan dan persyaratan, pihaknya t sudah mengantongi rekomendasi dari PLN wilayah Sulawesi Selatan, Tenggara, dan Barat (Sulselrabar).

Diperkirakan PPA akan dapat ditandatangani pada Agustus 2015. Dalam proyek PLTM Sapaya, Sewatama melalui anak perusahaannya PT Nagata Dinamika menggandeng Perusahaan Daerah Gowa Mandiri. Keduanya kemudian membentuk PT Punggawa Nagata Dinamika Hidro.

Proyek PLTM oleh Sewatama

Selain PLTM di Sapaya, Sewatama melalui beberapa anak perusahaannya, sudah memulai beberapa proyek pembangkit listrik mini hidro. Saat ini, Perseroan sedang melakukan pembangunan PLTM Ma’dong di Toraja Utara 1 dengan kapasitas 10 MW. Proyek 1 itu direncakan akan segera beroperasi pada tahun depan yang akan memasok kebutuhan listrik di daerah Rantepao untuk mendorong industri pariwisata dan perekonomian di daerah tersebut.

Perusahaan berencana membangun proyek pembangkit listrik tenaga biomassa (PLTBm) di Kalimantan.

Edi menyatakan proyek biomassa itu akan segera dibangun sekitar September hingga Oktober. “Biomass akan dilakukan pendalaman studi terhadap grid sambungan dan pengurusan PPA. Diharapkan 3-4 bulan lagi konstruksi dimulai dan beroperasi sekitar akhir 2016.”

Sumber : Bisnis Indonesia 9 Juli 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *