PLN Akan Ubah Haluan Bisnis, Pembangkit Listrik Dibangun Swasta

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) mulai bersiap mengubah haluan bisnis. Ini menyusul keinginan Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla yang ingin PLN fokus pada layanan setrum ke masyarakat ketimbang membangun pembangkit listrik, Wapres, berharap, dalam lima tahun atau 10 tahun ke depan, perusahaan milik negara ini menjadi penyedia service pembangkit, transmisi, dan distribusi listrik saja. Sementara urusan membangun pembangkit akan diserahkan kepada swasta. “Wacana itu bagus-bagus saja, karena bangun pembangkit biayanya besar sekali, jadi mesti kerjasama dengan swasta,” kata. Direktur PLN, Nasri Sebayang, Kamis (26/3)

Membangun Pembangkit Butuh Dana Besar

Selama ini, PLN mendapatkan tugas dari pemerintah untuk membangun pembangkit listrik. Karena ongkos membangun pembangkit listrik sangat besar, pemerintah pun harus mencari utang untuk mendanai berbagai proyek setrum.

Dengan ongkos yang terlalu besar, PLN keteteran memenuhi kebutuhan listrik di dalam negeri. Negara yang selama ini memberi dukungan dana kepada PLN untuk membangun pembangkit, juga mulai kesulitan.

Upaya menyerahkan pasokan listrik kepada swasta ini sejatinya juga dilakukan oleh negara lain, seperti Singapura mapun China. “Di sana pembangunan pembangkit justru lebih cepat tuntas saat diserahkan ke pihak swasta,” katanya.

Tidak Seluruhnya Swasta

Namun bukan berarti negara akan melepaskan seluruh kebutuhan setrum kepada swasta. Apalagi, hingga kini, PLN tetap menjadi mayoritas penyedia setrum di Indonesia, dan ini juga akan terus berlangsung dalam beberapa tahun ke depan. Adapun swasta, kata Nasri baru 20% membangun pembangkit listrik.

Info Terkait :   Jawa Tengah Antisipasi Pertumbuhan Industri dengan Membangun Pembangkit

Selain itu dalam megaproyek 35.000 Megawatt (MW) PLN juga masih mendapatkan porsi 10.000 MW dan sebanyak 25.000 MW diberikan ke swasta. Dengan begitu, hingga saat ini PLN saat ini masih tetap mendominasi proyek Pembangkit atau sekitar 60%.

“Jadi PLN saat ini masih jadi pengendali,” tandasnya.

PLN Fokus Jaringan Transmisi

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengaku sudah membahas rencana pengalihan fungsi PLN ini dengan Wapres, “Di mana-mana semakin maju negara, peran listrik semakin besar pada swasta. Itu yang akan dicapai dengan investasi yang besar,” kata Sudirman.

Ketua Bidang Hubungan Luar Masyarakat Kelistrikan Indonesia (MKI) Riki F. Ibrahim berharap, adanya perubahan status kelak, PLN bisa lebih fokus membangun proyek jaringan transmisi di berbagai daerah yang selama ini terjangkau aliran listrik. Dengan begitu, listrik bisa sampai ke pelosok.

Sumber : Kontan

Updated on     Info Tags: ,

One thought on “PLN Akan Ubah Haluan Bisnis, Pembangkit Listrik Dibangun Swasta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *