PLN Perbaiki Tower Roboh di Indarung

pln-indonesia

Sementara itu, PLN juga telah merampungkan pembangunan tower darurat sebagai pengganti tower 47 Indrarung, Sumatera Barat. Tower 47 roboh akibat hantaman truk pengangkut bongkaran material pada Sabtu (9/1).

General Manager PLN Sumatera Barat Supriyadi mengatakan, robohnya tower transmisi 47 Indrarung mengakibatkan pasokan listrik dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Teluk Sirih terputus. Akibatnya, pasokan listrik ke Gardu Induk (GI) Bungkus dan GI Kambang terganggu.

Untuk mengatasi hal itu, PLN menyalakan mesin pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) Lakuak kapasitas 6,6 megawatt (MW) dan melakukan evakuasi beban GI Bungus ke GI Plimo sebesar 10 MW. Secara paralel, perseroan juga mempercepat pembangunan tower darurat.

Saat ini pembangunan tower darurat telah selesai dan kabel konduktor telah terpasang. Selanjutnya, PLN akan melakukan proses uji coba tegangan. “Tower emergency pengganti tower 47 yang roboh di Indrarung sudah berdiri, dilanjutkan pekerjaan untuk pengencangan kabel, serta uji coba tegangan,” ujar Supriyadi.

Supriyadi menambahkan, jika seluruh proses pengencangan kabel ini telah dilakukan, artinya perseroan sudah siap untuk melakukan uji coba tegangan. Pihaknya berharap uji coba ini berjalan lancar sehingga pasokan listrik bisa kembali seperti semula.

“Kami mohon maafyang sebesar-besarnya atas pemadaman yang terjadi Kami juga mohon bantuan para pelanggan agar lebih bijak dalam penggunaan listrik, terutama dalam kondisi seperti saat ini,” tambah Supriyadi.

Info Terkait :   Proyek Pembangkit 10 Ribu MW Mulai Konstruksi 2016

Sumber : Investor Daily 12 Januari 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *