PLN-Pemprov DKI Bangun PLTG LNG di Kepulauan Seribu

PT PLN (Persero) bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun PLTG skala kecil berbahan bakar gas alam cair (liquefied natural gas/LNG) 10 megawatt (MW) di Kepulauan Seribu.

Manajer Bidang Komunikasi, Hukum, dan Administrasi PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Koedianto mengatakan, kerja sama tersebut diawali dari pertemuan Direktur Utama PLN Sofyan Basir dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama pada Januari. Dari pertemuan ini, keduanya sepakat mengembangkan kelistrikan Kepulauan Seribu.

Alternatif PLTG LNG

Alternatif yang disiapkan yakni pembangunan PLTG LNG skala kecil 10 MW, transmisi 150 kilovolt (kV) dengan Saluran Kabel Laut Tegangan Tinggi (SKLTT), Gas Insulated Substation (GIS) 150/20 kV 20 MVA, serta jaringan tegangan menengah 20 kV. “Saat ini PLN sedang melakukan kajian terhadap alternatif tersebut,” kata dia dalam siaran resminya pekan ini.

Selama ini, jelas dia, PLN memang bertanggung jawab atas penyaluran, pengelolaan, dan pengusahaan tenaga listrik di Kepulauan Seribu. Namun penyediaan dan pemeliharaan infrastrukturnya, meliputi jaringan tegangan menengah 20 kV, instalasi dan sipil gardu distribusi, trafo, dan jaringan tegangan rendah, menjadi tanggung jawab Pemprov DKI Jakarta. Hal ini sesuai perjanjian kerjasama antara PLN dan Pemprov DKI nomor 11A/-072.2 dan 035.PJ/140/DISJAYA/2007 tanggal 10 Januari 2007.

Untuk pasokan setrumnya sendiri, tutur Koesdianto, dialirkan dari Gardu Induk Teluk Naga melalui jaringan tegangan menengah dilanjutkan ke jarigan tegangan rendah yang sudah dibangun Pemprov DKI Jakarta. Namun lantaran panjang jaringan tegangan menengah ini hanya 78,54 kilometer sirkuit (kms), kualitas tegangan setrum menjadi kurang baik.

Info Terkait :   PLTG Gorontalo Proyek Perdana 35.000 MW

Dia menambahkan, sesuai kajian, seharusnya pasokan listrik tersebut hanya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan rumah tangga. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata Kepulauan Seribu, kebutuhan setrum di wilayah itu meningkat.

One thought on “PLN-Pemprov DKI Bangun PLTG LNG di Kepulauan Seribu

  1. adesutrisna says:

    saya bangga dengan sistem cara kerja pt max power karena saya pribadi pernah ikut merasakan dan mengerjakan projeknya semoga pt maxpower smakin berkembang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *