PLN akan Pasok Listrik Desa Terpencil

PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mengakui terdapat beberapa desa terpencil di sekitar Jawa Barat yang masih belum terlistriki. Namun, setiap tahunnya, PLN akan terus mengupayakan agar listrik bisa masuk desa tersebut.

Menurut Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyantor, desa-desa yang belum terlistriki itu utamanya terletak di bagian selatan Jawa Barat, seperti Garut dan Banten Selatan.

Bambang menjelaskan, kondisi geografis yang berupa pegunungan membuat desa-desa itu sulit terakses oleh listrik. “Beberapa desa bahkan belum ada akses jalannya, hanya jalan setapak. Ini menyulitkan PLN untuk memasang tiang jaringan listrik,” tuturnya seperti yang diberitakan harian Investor Daily, Jakarta, Selasa (28/4).

Oleh karena itu, tambahnya, pihaknya akan terus mengupayakan agar desa-desa tersebut bisa dialiri listrik. Setiap tahunnya PLN menargetkan bisa menambah 3,5 juta pelanggan, termasuk penduduk desa yang saat ini belum bisa menikmati listrik.

Bambang mengungkapkan, salah satu cara untuk mengaliri listrik ke desa terpencil yaitu dengan memanfaatkan potensi energi lokal desa tersebut. Ada beberapa desa di Cianjur sudah dikembangkan pembangkit listrik mini hydro (PLTMH). Pembangkit berkapasitas kecil ini berfungsi untuk memenuhi kebutuhan listrik di desa-desa terpencil itu.

“Pembangkit ini tidak semuanya dibangun PLN, tetapi ada juga yang dibangun LSM (Lembaga Sosial Masyarakat),” kata dia.

Meski demikian, Bambang tetap meminta kerja sama pemerintah, baik pusat maupun daerah untuk ikut melistriki desa-desa terencil ini. Pasalnya dalam undang-undang pun disebutkan kewajiban menyambung listrik ini bukan hanya tanggung jawab PLN, tetapi juga pemerintah. “Dalam APBN maupun. APBD pun juga ada dana untuk penyambungan listrik,” jelas dia.

Info Terkait :   2016, Pemerintah Cabut Subsidi 20 Juta Pelanggan Listrik

Secara nasional, rasio elektrifikasi sudah mencapai 84%. Sementara di wilayah Jawa Barat rasio elektrifikasinya juga sudah di atas 80%.

One thought on “PLN akan Pasok Listrik Desa Terpencil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *