PLN Optimistis Proyek 35.000 MW Terealisasi

35000-MW-untuk-indonesia

Perpres Segera Terbit

Sofyan menuturkan, permasalahan terbesar dalam pembangunan proyek ketenagalistrikan terkait pembebasan lahan bagi pembangkit dan jaringan listrik. Namun, dengan segera terbitnya Perpres maka nantinya pembebasan lahan tidak lagi menjadi kendala.

Dengan bleid tersebut, lanjut dia, PLN tidak lagi ‘dibayangi’ oleh jeratan hukum. Pasalnya, penegak hukum nantinya tidak langsung memanggil PLN apabila ada laporan dugaan tindak pidana, tapi berkoordinasi dengan Inspektorat Kementerian BUMN terkait hal tersebut. Kemudian, laporan itu akan dikaji oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“Ini strategis bagi pelaksanaan proyek. Kami tidak terganggu dengan pelaporan itu. Tapi kalau memang ada penyimpangan (dari hasil kajian BPK) maka Kepolisian atau Kejaksaan baru bisa memprosesnya,” ujar dia.

Jakarta Masih Byarpet

Sofyan menontohkan masalah lahan juga terjadi di wilayah Jakarta. Akibat masalah lahan ini, ada 61 gardu induk yang sulit dibangim. Tingginya harga jual lahan di Jakarta juga menjadi tantangan tersendiri bagi PLN.

Warga Jakarta tidak mau menjual tanahnya yang dilewati jaringan transmisi ataupun akan dibangun gardu induk. Kalaupun mau melepas kepemilikan tanahnya, tapi dengan harga sangat tinggi di atas nilai jual objek pajak (NJOP). Karena itu, Jakarta masih mengalami masalah mad listrik atau byarpet

Namun demikian, Sofyan menyebut Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama menawarkan solusi berupa memberikan seluruh lahan pemda, kantor pemda dan taman boleh pinjam pakai. “Tanpa gardu induk baru, kami sulit melayani permintaan pelanggan bisnis, industri maupun rumah tangga,” ujar Sofyan.

Info Terkait :   Kalkulator Hitung kWh Listrik Prabayar

Dengan adanya ‘lampu hijau’ dari Gubernur DKI diperkirakan pembangunan seluruh gardu induk itu memakan waktu hingga dua tahun. Pasalnya, setelah tersedia lahan maka jaringan listrik di atas maupun di bawah tanah yang cukup panjang harus segera digelar.

Sumber : Investor Daily 22 Januari 2016

Sakana Food Depok www.sakana.id

Baca Halaman:

Updated on     Info Tags:

One thought on “PLN Optimistis Proyek 35.000 MW Terealisasi

  1. mtjiptoherlambang says:

    Asas perekonomian indonesia jelas diatur dalam UUD’45…! Haruskah mekai perekonomian Kapitalis dan Liberalisme….? Akankah PKI mengusai negara ini….? Apakah negara asing yg mengatur negara ini….?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *