PLN Luncurkan Prakarsa Ja­ringan Cerdas Indonesia

pjci-prakarsa-jaringan-cerdas

pjci-prakarsa-jaringan-cerdas

PT PLN (Persero) telah melang­sung­kan acara “Peluncuran Per­kumpulan Prakarsa Ja­ringan Cerdas Indonesia”. Perkumpulan ini didirikan dengan tujuan menyiapkan pranata teknologi, regulasi, pendidikan dan kewirausahaan serta menyusun peta jalan dalam mewujudkan ja­ringan cerdas, yang merupa­kan prasarana bagi terwujudnya Indonesia Cerdas.

Acara digelar pada hari Selasa (28/7) dan bertempat di Auditorium PLN, Jakarta. Jaringan Cerdas adalah jaringan listrik yang telah di­mordenisir dengan dilengkapi teknologi informasi dan ko­munikasi, dan bertindak ber­dasar informasi yang diperoleh, sedemikian rupa se­hing­ga dapat melakukan pe­ngen­dalian sendiri dalam meng­atur keandalan, efisiensi, keekonomian dan ketahanan.

Jaringan cerdas sering­kali dikatakan sebagai internet nya jaringan listrik. Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia adalah suatu Lem­baga Swadaya Masyarakat, yang mengkedapankan ka­rakter independen, profesio­nal, transparan dan mengu­tamakan kepentingan bangsa Indonesia diatas kepentingan sektor, perusahaan atau individu tertentu serta tidak ber­afiliasi pada partai politik manapun.

Perkumpulan ini memiliki visi ‘Menjadi acuan yang ter­per­caya dalam upaya men­si­nergikan teknologi maju di bidang Energi dan Teknologi In­formasi dan Komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk membangun In­do­nesia Cerdas’.

Digagas oleh Eddie Wi­dio­no (mantan Dirut PLN), or­ga­nisasi ini didukung oleh para cendekia, praktisi dan pejabat yang terkait dengan bi­dang ketenagalistrikan. Na­ma-nama seperti Prof. Rya­narto (ITS), Prof Suhono (Pa­kar Smart City ITB), Prof. Tu­miran (Anggota DEN-GAMA), Prof. Iwa Garniwa (UI), Prof. Hamzah Hilal (BPPT) dan Dr. Tjahyo Tamtomo (Univ. Sur­ya) bersanding dengan Iwan Supangkat dan Amir Rosidin, keduanya adalah anggota Direksi PLN yang hadir dalam kapasitas sebagai ketua Ma­syarakat Ketena­galis­trik­an Indonesia (MKI) dan ketua CIRED (Organisasi Profesi Kelistrikan bidang Distribusi) dan Farida Zed Direktur Konservasi pada Ditjen EBTK Kementerian ESDM.

Info Terkait :   Prakarsa Jaringan Cerdas Indonesia

Turut hadir bersama para pa­kar diatas, sekitar 215 orang cendekiawan, praktisi dan pejabat.

2 thoughts on “PLN Luncurkan Prakarsa Ja­ringan Cerdas Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *