PLN Listriki Pulau Terdepan Indonesia

pulau-miangas

pulau-miangas

Pemerintah menargetkan dapat melistriki 47 wilayah atau pulau terdepan di seluruh Indonesia pada Agustus ini. PT PLN (Persero) baru saja menyambungkan listrik bagi masyarakat dua pulau terdepan, yakni Pulau Miangas dan Pulau Karatung di Kabupaten Talaud.

“Pulau Miangas dan Pulau Karatung masing-masing akan mendapatkan tambahan pasokan listrik dari pembangkit diesel yang berkapasitas 2×100 ribu Watt, sehingga total akan ada tambahan pasokan listrik sebesar 400 ribu Watt di kedua pulau tersebut,” kata General Manager PLN Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo Baringin Nababan dalam siaran resminya, akhir pekan lalu.

Saat ini, jumlah pelanggan PLN di Pulau Karatung sebanyak 377 pelanggan dan Pulau Miangas 324 pelanggan. Seluruhnya adalah pelanggan litrik prabayar yang telah dilayani oleh pembangkit eksisting yang terdiri atas PLTD dan PLTS. Baringin berharap, tambahan setrum tersebut dapat ikut mendorong pertumbuhan ekonomis masyarakat di dua pulau yang berbatasan langsung dengan Filipina itu,

Manajer PLN Area Tahuna Heru Rianto menambahkan, tambahan listrik kedua pulau itu juga akan dipakai untuk keperluan bandar udara yang sedang dibangun di Pulau Miangas. Tambahan setrum juga akan melistriki pabrik es untuk kebutuhan pengawetan ikan di Pulau Karatung.

Dia mengakui, penambahan kapasitas di dua pulau tersebut bukanlah perkara mudah. Mobilisasi mesin ke lokasi sempat terkendala tingginya gelembang laut yang mencapai 2,5 hingga 5 meter. Bahkan pada akhir Juli hingga awal Agustus ada larangan melaut yang dikeluarkan otoritas kelautan setempat.

Info Terkait :   Proyek Pembangkit 10 Ribu MW Mulai Konstruksi 2016

“Tetapi akhirnya pekan lalu semua mesin telah dilakukan uji operasi dan siap dioperasikan,” ujar Heru. Rencananya, peresmian penerangan 47 pulau atau wilayah terdepan Indonesia akan dilakukan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said pada pekan depan di Pulau Saumelaki, Maluku Tenggara.

Sumber : Investor Daily 19 Agustus 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id

One thought on “PLN Listriki Pulau Terdepan Indonesia

  1. Pingback: ENERGI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *