PLN Kebut Lelang Transmisi Jawa-Sumatera

transmisi-jawa-sumatera

PT PLN (Persero) menargetkan bisa merampungkan lelang tiga paket pekerjaan untuk proyek transmisi kabel bawah laut Sumatera-Jawa 500 kilovolt (kV). Proyek transmisi ini ditargetkan selesai pada 2018-2019.

Ada beberapa paket yang harus dikerjakan untuk merampungkan proyek kabel listrik bawah laut Sumatera-Jawa. Paket pertama yaitu stasiun konverter/inverter di Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Bogor. Paket kedua saluran transmisi kabel bawah laut 500 kV DC sepanjang 40 kilometer dari Ketapang (Lampung) – Salira (Banten).

Selanjutnya, paket ketiga saluran transmisi udara 500 KV DC Muara Enim-Ketapang dan Salira-Bogor. Paket keempat berupa saluran transmisi udara 500 kV AC dari stasiun konverter Muara Enim-PLTU Mulut Tambang dan stasiun inverter Bogor-sistem transmisi 500kV Jawa-Bali. Paket terakhir yakni kabel transmisi 275 kV dari Muara Enim ke sistem transmisi 275 kV Sumatera.

Kepala Divisi Pengadaan Strategis PLN Iwan Purwana mengatakan, perusahaan telah merampungkan lelang untuk paket tiga dari Transmisi Jawa-Sumatera, yakni untuk transmisi udara 500 KV DC Muara Enim-Ketapang dan Salira-Bogor. Proses lelang dua paket lainnya ditargetkan bisa selesai akhir tahun ini.

“Yang sudah selesai (lelang) untuk overhead (transmisi udara). Kemudian paket satu dan dua akan selesai akhir tahun ini,” kata dia di Jakarta, pekan lalu. Lelang paket stasiun konverter/inverter dan kabel bawah laut tersebut masih pada tahap evaluasi.

Info Terkait :   Industri Menara Siap Garap Proyek Transmisi 46 Ribu Km

Untuk paket empat berupa transmisi dari stasiun konverter Muara Enim-PLTU Mulut Tambang dan stasiun inverter
Bogor-sistem transmisi 500kV Jawa-Bali, disebutnya juga telah masuk tahap evaluasi. Sayangnya, Iwan tidak menyebutkan kapan pengumuman pemenang untuk lelang transmisi tersebut.

“Sementara untuk paket lima, yakni transmisi ke sistem Sumatera atau PLTU Sumsel 9, belum dilelang,” ujar Iwan.

Meski demikian, PLN optimis Transmisi Jawa-Sumatera ini bakal selesai pada 2018-2019. Penyelesaian transmisi ini diharapkan bisa bersamaan dengan transmisi 500 kV di sistem kelistrikan Sumatera. “Jadi pada 2018-2019, semua sistem kelistrikan Sumatera-Jawa sudah tersambung,” kata Iwan.

Proyek kabel bawah laut HVDC Sumatera-Jawa ini memiliki nilai investasi sekitar US$ 2 miliar. Sebagian besar pendanaan diperoleh dari pinjaman Japan International Cooperation Agency (JICA).

Sumber : Investor Daily 27 Oktober 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *