PLN Bangun Kabel Listrik SKTT Marunda-Kalibaru

kabel listrik marunda kalibaru

PT PLN (persero) mulai melakukan pengeboran pertama untuk Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 Kv Marunda-Kalibaru, kemarin. Pembangunan SKTT atau kabel bawah tanah itu dilakukan guna mendukung PT Pelindo II (persero) yang melakukan ekspansi Pelabuhan Tanjung Priok serta pembangunan pelabuhan baru di Kalibaru.

“Adanya pasokan listrik itu diharapkan dapat mendukung kegiatan PT Pelindo II dalam melakukan operasional Pelabuhan Kalibaru dan ekspansi Pelabuhan Tanjung Priok serta mengurangi pemadaman listrik di daerah vital Ibu Kota,” sebut Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Barat PLN, Murtaqi Syamsuddin, di Jakarta, kemarin.

Menurut Murtaqi, pembangunan SKTT 150 Kv Marunda-Kalibaru merupakan kelanjutan pembangunan SKTT 150 Kv Priok Barat-Pelindo sirkuit 1 yang akan dimulai secara penuh pada awal April 2017 nanti.

Sementara itu, pengerjaan pembangunan SKTT 150 Kv Marunda Kalibaru ini dilaksanakan PT Karya Mitra Nugraha. “Target penyelesaiannya antara 8-12 bulan dengan total biaya konstruksi sebesar Rp239 miliar. Seluruh komponen yang digunakan dalam pembangunan ini menggunakan komponen produksi dalam negeri,” ujar General Manager PLN UIP JBB, Robert Aprianto Purba, pada kesempatan serupa.

Proyek itu menggunakan spesifikasi kabel 150 kv XLPE Cu 1 x 1.200 mm persegi (TKDN 84,02%) dengan dua sirkuit dan 3×1 single core cable.

Sumber : Media Indonesia 23 Maret 2017

Info Terkait :   SUTET Adipala 500kV Perkuat Sistem Kelistrikan Jawa Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *