PLN Atasi Pemadaman Jabodetabek

pln-jakarta

Direktur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan bahwa PLN mulai awal 2016 akan membangun puluhan gardu induk untuk mengatasi pemadaman listrik di wilayah Jakarta Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi (Jabodetabek).

“Ini akan kita lakukan di awal tahun depan, pendanaan sudah ada, tidak ada masalah, izin dari pemda sudah ada,” kata Sofyan.

Sofyan menyebutkan beberapa waktu lalu pihaknya sudah melapor ke Menteri ESDM, Menteri BUMN bahwa ada infrastruktur yang perlu diperbaiki terkait listrik di Jakarta dan sekitarnya. “Kejadian ini sudah lama, 6-7 tahun lalu harusnya ada perbaikan, ada overload gardu induk di Jabodetabek,” katanya. Ia menyebutkan selama ini tidak diperbaiki, tidak di-upgrade, tidak ditambah, karena kesulitan dalam pembebasan lahan, maupun menarik kabel transmisi di atas perumahan di Jakarta. “Membuat kabel bawah tanah juga nggak mudah,” katanya, seperti dikutip Antara.

Ia menyebutkan baru beberapa waktu lalu pihaknya duduk bersama Gubernur DKI, Menteri BUMN membahas masalah itu. Gubernur DKI memerintahkan stafnya untuk memprioritaskan jalur-jalur kabel PLN, gardu, pengantian trafo.

“Kita juga akan pinjam tanah pemda, BUMN, TNI, tanah pemerintah. Kami akan melakukan itu. Mudah-mudahan Perpresnya juga akan keluar untuk melaksanakan itu sehingga kami dapat mengamankan Jakarta tidak padam-padam lagi,” katanya. Menurut dia, kalau tidak diperbaiki karena hambatan-hambatan yang ada justru akan memperparah. karena itu masyarakat harus memahami bahwa kepentingan PLN untuk kepentingan yang lebih luas. “Jadi diharapkan masyarakat menyambut baik, dan mudah-mudahan galian buat di bawah tanah akan segera kami buat 10 meter di bawah permukaan tanah,” katanya.

Info Terkait :   Ahok Minta PLN Tindak Pencurian Listrik

Ia menyebutkan untuk jalur yang di atas yang tegangannya 500.000 KV, untuk keliling Jakarta ada beberapa gardu induk yang harus dibangun. ” 61 gardu induk baru yang selama ini terlambat pembangunannya,yaitu ada di Kebayoran, Pluit, Pondok Indah, mungkin ada di tengah-tengah perumahan harus kami bangun, sehingga kami harus beli lahannya,” katanya. Ia menyebutkan satu gardu induk yang besar membutuhkan 4-6 lokasi. Satu lokasi kira-kira perlu 10-20 hektare lahan di pinggiran kota. “Kami berharap masyarakat memberikan lahannya, atau izin atasnya dilewati kabel transmisi,” kata Sofyan Basir.

Sumber : Investor Daily 8 Desember 2015

Updated on     Info Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *