Penjualan Motor Listrik akan Menyusul Skutik

zero-motorcycles-indonesia

Penjualan motor listrik di Indonesia saat ini masih rendah dan kalah jauh dari skuter otomatik (skutik). Namun, dalam lima tahun ke depan, penjualan motor listrik diperkirakan tumbuh pesat dan menyamai skutik.

Managing Director PT Garansindo International Motor Dhani M Yahya mengatakan, saat ini, masyarakat Indonesia belum terlalu mengenal motor listrik. Kebanyakan masyarakat masih menggunakan skutik sebagai kendaraan prioritas.

Dia menjelaskan, pangsa pasar motor listrik kini 10%, sedangkan skutik 50% lebih. Ke depan, penjualan motor listrik diperkirakan naik, seiring meningkatnya kepedulilan pemerintah terhadap lingkungan.

Menurut dia, pemerintah, khususnya Kementerian Perhubungan, sudah mempunyai rencana strategis 2015-2020, tentang meningkatkan pengembangan teknologi transportasi yang efisien dan ramah lingkungan. Dengan adanya rencana strategis ini, penjualan motor listrik ditaksir melejit dan menyamai skutik pada 2020. “Ada beberapa sentimen positif yang dapat mendorong penjualan motor listrik, seperti rencana pengembangan transportasi berteknologi ramah lingkungan,” ujar dia pada media gathering QYVision PR tentang Masa Depan Teknologi Elektrik di Jakarta, Senin (30/11).

Dia mengatakan, negara yang sudah akrab dengan motor listrik adalah Tiongkok. Pada 2005, pengguna motor listrik sudah mencapai 10 juta dan naik menjadi 32 juta pada 2015. Eropa juga sudah menggunakan motor listrik, dengan pengguna mencapai 1,8 juta orang, sedangkan Jepang 440 ribu orang dan Amerika Serikat 185 ribu orang.

Garansindo sudah memperkenalkan produk otomotif dengan berteknologi elektrik di Indonesia, dengan meluncurkan Zero Motorcycles.

Sumber : Investor Daily 1 Desember 2015

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *