Pemerintah akan Tingkatkan Rasio Elektrifikasi Papua

listrik papua

Pemerintah sedang memacu pembangunan proyek kelistrikan di Papua. Tujuannya agar rasio elektrifikasi Papua yang kini baru mencapai 60% dapat mendekati rata-rata nasional yang telah menyentuh 92%.

“Setiap saya berkunjung ke provinsi mana pun, selalu yang jadi keluhan itu ialah kekurangan listrik. Bupati ini lapor listrik di tempatnya sangat kurang. Pindah lagi ke provinsi lain, laporannya sama. Itulah fakta yang kita hadapi,” ujar Presiden Jokowi saat meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Mobile Power Plant (MPP) di Hoktekamp, Jayapura, Papua, Selasa (9/5).

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan ketertinggalan rasio elektrifikasi di Papua itu akan dituntaskan dalam tiga tahun. “Kalau PLN membangun sampai total tambahan 450 megawatt (MW) dalam tiga tahun ini, rasio bisa naik,” ujar Jonan.

Selama ini yang menjadi tantangan dalam membangun pembangkit di tanah Papua ialah kondisi geografis yang begitu luas tapi dengan tingkat populasi yang begitu kecil. “Karena wilayahnya yang terlalu luas, jadi tidak mungkin disambungkan dengan sistem interkoneksi ke seluruh Papua. Maka, solusinya dengan membuat pembangkit offgrid, terpisah, per desa, per wilayah, per community base,” terang Jonan.

Direktur Bisnis Regional Maluku-Papua PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Haryanto mengatakan pembangunan PLTMG MPP Jayapura diperkiran rampung pada September 2017 mendatang.

Saat ini, ia menyebutkan proses pengerjaan konstruksi pembangkit yang memakan biaya Rp786 miliar itu sudah mencapai 70% dengan proses elektrikal sebesar 50%.

Info Terkait :   2016, Rasio Elektrifikasi Suluttenggo Naik 5%

PLTMG MPP, sesuai namanya, memiliki sifat mobile atau mudah untuk dipindahkan karena tidak menggunakan angkur yang ditanamkan ke dalam tanah. Jika suatu saat pembangkit tersebut perlu dibongkar atau dipindahkan, hanya memerlukan waktu satu bulan.

Sumber : Media Indonesia 11 Mei 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *