Pemerintah Dorong Pemanfaatan Energi Bersih Rp 47 T

renewable-energy-indonesia

Kontrak Rp 47,2 Triliun

Sementara itu, Menteri ESDM Sudirman Said menambahkan, berbagai kesepakatan untuk pengembangan energi terbarukan di Indonesia dengan total nilai Rp 47,2 triliun diteken dalam acara BCEF ini. Kesepakatan tersebut mencakup pembangunan pembangkit listrik panas bumi (PLTP), pembangkit listrik tenaga surya (PITS), dan terminal gas alam cair (liquefied natural gas/LNG).

“Forum bisnis menandatangani berbagai transaksi senilai Rp 47,2 triliun. Antara lain untuk PLTP, PLTS, dan pengembangan terminal LNG masing-masing 765,5 MW, 150 MW, dan 125 ribu meter kubik. Ini membutuhkan 18.300 tenaga kerja,” ujarnya.

Khusus mengenai panas bumi, telah ditandatangani delapan kontrak jual beli uap dan listrik. Para pihak penandatangan kontrak panas bumi tersebut adalah Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Irfan Zainuddin, Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir, Direktur Utama PT Indonesia Power Antonius Resep Tyas, Direktur Utama PT Supreme Energy Muara Laboh Supramu Santosa, dan Direktur Utama Star Energy Geothermal Wayang Windu Ltd Rudy Suparman.

Selain kontrak panas bumi itu, turut pula ditandatangani nota kesepahaman PT Pertamina (Persero) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tentang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka mendukung pemanfaatan energi panas bumi. Pihak penandatangan adalah Direktur Hulu Pertamina Syamsu Alam dan Kepala BPPT Unggul Priyanto.

Direktur Utama PGE Irfan Zainuddin mengatakan, harga jual uap sebesar US$ 6 sen per kilowatt hour (kWh) dan listrik US$ 9,4 sen per kWh tersebut sudah cukup baik. “Dengan harga tersebut, kami optimistis pemanfaatan energi panas bumi akan makin berkembang dengan pesat, sehingga membantu mengurangi emisi karbon secara berkelanjutan,” katanya.

Info Terkait :   Kembangkan PLTS, Pertamina Jalin Sinergi dengan Tiga BUMN

PGE menargetkan pengoperasian panas bumi mencapai 922 MW pada 2019,2.300 MW pada 2025, dan 2.700 MW pada 2030. Saat ini, kapasitas daya PGE mencapai 437 MW.

Sumber : Investor Daily 12 Februari 2016

Sakana Food Depok www.sakana.id

Baca Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *