Pembangunan Gardu Induk Mesuji dan SUTT Gumawang-Mesuji Berlanjut

kabupaten mesuji

Listrik masih jadi masalah di Kabupaten Mesuji, Lampung. Dari 75 desa di tujuh kecamatan, 40 desa di antaranya belum mendapat pasokan listrik.

“Desa lain, meski listrik sudah ada, dayanya masih kurang. Karena itu, kami meminta PLN untuk segera menuntaskan pembangunan gardu induk tahun ini juga,” kata Bupati Mesuji Khamami, kemarin.

Ia menegaskan kondisi listrik di Mesuji tergolong sangat parah. Sebelumnya, pada 2014, peletakan batu pertama gardu induk sudah dilakukan. Setelah itu, stagnan alias tidak ada kegiatan pembangunan di lokasi.

Mesuji merupakan kabupaten yang terjauh dari ibu kota Lampung, Kota Bandar Lampung. Posisinya berbatasan dengan Sumatera Selatan. Saat menggelar audensi dengan warga dan sejumlah pihak terkait di rumah dinasnya, Khamami berharap pembangunan gardu induk bisa segera dilanjutkan.

“Untuk pembebasan lahannya, kami berharap PLN bisa menyelesaikannya secepat mungkin.”

Pada kesempatan sama, Ketua Tim Task Force Percepatan Pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi Gumawang-Mesuji, PLN Unit Induk Pembangunan Sumatra bagian Selasan, Eriza menjelaskan gardu induk Mesuji memiliki kapasitas 150 kilovolt.

“Pembangunan SUTT terus berproses. Ada 58 tower untuk Mesuji dan 43 tapak tower di antaranya sudah dibebaskan.”

Info Terkait :   PLTP Ulubelu 3&4 Perkuat Kelistrikan Lampung 2017
Updated on     Info Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *