Pembangkit Listrik PGN Terangi 600 Rumah Probolinggo

mikro-hidro-PGN

Pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH) bantuan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) telah menerangi sekitar 600 rumah di empat desa di Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Kepala Komunikasi Korporat PGN Irwan Andri Atmanto di Jakarta, Rabu (20/1) mengatakan bahwa PGN sebagai BUMN memiliki tanggung jawab bersama-sama pemerintah untuk membantu menyejahterakan rakyat.

“Kami senang bisa membantu masyarakat empat desa di Probolinggo. Dengan memanfaatkan sumber daya alam setempat, kini warga bisa menikmati listrik,” katanya.

Menurut dia, warga memanfaatkan aliran listrik PLTMH tersebut untuk keperluan sehari-hari dan meningkatkan per ekonomian dengan membuka usaha seperti keripik, kue, dan pengeringan kopi.

Seorang warga Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo M Rosid mengaku sekitar 1990, setiap malam hari, masyarakat mesti menghadapi kondisi gelap gulita, karena tak ada listrik.

“Saya bersama warga yang lain berinisiatif membangun PLTMH sendiri, tapi kapasitasnya masih kecil 16 kW yang hanya mampu melistriki beberapapuluh rumah saja,” ujarnya.

Lalu, lanjutnya, pada 2011, PGN bekerja sama dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang memberikan bantuan satu unit PLTMH berkapasitas 40 kW.

Dengan memanfaatkan aliran Sungai Pekalen, listrik yang dihasilkan mampu menerangi 600 rumah di empat desa yakni Andung Biru, Tiril, Sumber Duren, dan Roto.

Alhamdulillah, kini malam hari desa-desa di sini jadi terang, anak-anak bisa belajar, keluarga bisa menonton televisi,” katanya.

Info Terkait :   Toshiba Hydro-eKIDS™ : Pembangkit Listrik dari Air Terjun Setinggi Manusia

“Warga membayar tagihan listrik tidak pakai uang tunai, tapi menggunakan hasil kebun seperti singkong, pisang, ada juga bayar pakai bebek, ayam dan macam-macam,” katanya.

Khusus bagi warga miskin, tambahnya, tidak perlu membayar listrik alias gratis. Demikian pula sekolah dan rumah ibadah juga listriknya gratis.

Selain pembangkit listrik, PGN juga memberikan bantuan pembangunan sekolah dan rumah ibadah untuk warga setempat.

Sumber : Investor Daily 21 Januari 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *