Menjamin Ketersediaan Listrik untuk Rakyat

listrik indonesia

Adalah tepat kiranya jika dikatakan bahwa keberadaan listrik untuk kehidupan yang lebih baik, seperti motto milik PT Perusahaan Listrik Negara (PLN), satu-satunya badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di sektor kelistrikan. Secara mikro, keberadaan listrik bersinggungan langsung dengan aktivitas masyarakat sehari-hari, sedangkan secara makro sangat berperan penting dalam mendukung laju perekonomian nasional.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memproyeksikan akan terjadi peningkatan konsumsi listrik rata-rata sebesar 10,1% per tahun. Anggota Komisi VII DPR RI Dito Ganinduto mengatakan, ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan oleh pemerintah dan PLN terkait penyediaan listrik nasional. Pertama, rasio elektrifikasi yang masih rendah dibanding negara lainnya. Bahkan, daerah yang sudah mendapatkan listrik juga masih banyak yang mengalami byarpet. “Ini harus ditingkatkan supaya semua penduduk Indonesia di berbagai daerah bisa menikmati pasokan listrik,” kata Dito.

Dito juga mengingatkan peran serta pemerintah daerah yang harus lebih proaktif dalam penyediaan listrik. Pasokan listrik, kata dia, seharusnya bisa menjadi sarana dan daya tarik bagi pemda untuk menarik investasi sebanyak-banyaknya.

Pekerjaan rumah kedua, kata Dito, subsidi listrik yang masih tinggi. Hal ini disebabkan biaya pokok produksi listrik yang masih di atas tarif dasar listrik yang diberlakukan. Salah satu penyebab tinggi nya BPP ini, kata dia, karena biaya bahan bakar yang tinggi. “Kita masih banyak menggunakan bahan bakar yang mahal. Penggunaan energy mix belum sesuai yang diharapkan,” ujar dia.

Info Terkait :   Kuartal-III 2015, Penjualan Listrik Tumbuh 1,93%

Pekerjaan rumah ketiga, lanjut Dito, adalah tingkat losses baik teknis maupun non-teknis. Hal ini mengingat DPR sudah meningkatkan persentase margin keuntungan bagi PLN. Dengan demikian, tersedia ruang bagi PLN untuk melakukan investasi dan menjalankan progam yang bisa menekan losses.

Sakana Food Depok www.sakana.id

Baca Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *