Medco Gandeng Mitsui Incar PLTGU Jawa 1

pembangkit listrik tenaga gas

PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) menggandeng Mitsui & Co Ltd untuk rnengikuti tender proyek pembangkit listrik tenaga gas uap (PLTGU) Jawa 1 berkapasitas 2×800 megawatt (MW) di Jawa Barat.

Presiden Direktur dan CEO Medco Energi Internasional Lukman Mahfoedz mengatakan, perseroan menggandengn Mitsui dalam tender PLTGU Jawa 1, lantaran perusahaan asal Jepang tersebut memiliki reputasi mumpuni sebagai pengembang pembangkit listrik mandiri (independent power producer/IPP). Mitsui juga dinilai punya pengalaman yang superior di sektor pembangkit listrik.

“Karena masih dalam proses tender di PLN, kesepakatan komersialnya belum bisa dijelaskan rinci saat ini, termasuk porsi kepemilikan masing-masing. Yang penting kami menang dulu dan bisa mengerjakan proyek dengan baik,” kata Lukman baru-baru ini.

Lukman juga belum dapat menerangkan detil nilai investasi proyek PLTGU Jawa 1. Perseroan berupaya melakukan persiapan matang dalam proses lelang.

Sebelumnya, Medco telah menandatangani Head of Agreement (HoA) dengan PT Pertamina untuk pasokan gas alam cair PLTGU Jawa 1. Pasokan gas dari Pertamina diperkirakan sebesar 250 juta kaki kubik per hari (mmscfd).

Lukman menambahkan, perseroan berusaha menggenjot sektor kelistrikan. Saat ini, perseroan melalui anak usahanya PT Medco Power Indonesia tengah menggarap proyek pembangkit listrik yang lain. “Keikutsertaan kami di proyek listrik ini juga untuk membantu pemerintah dalam program 35 ribu MW. Medco telah berpengalaman menyelesaikan sejumlah proyek besar,” kata dia.

Info Terkait :   Medco akan Bangun PLTG 2x800 MW

Selama ini Medco Power mengoperasikan pembangkit listrik dengan kapasitas sekitar 1.600 MW, terdiri dan 300 MW IPP di Batam serta Sumatra Selatan, dan PLTU TJB kapasitas 2×660 MW milik PLN di Jawa Tengah.

Lebih lanjut, Medco juga mengembangkan dua proyek panas bumi di PLTP Sarulla berkapasitas 3×110 MW di Sumatera Utara, PLTP Ijen berkapasitas 2×55 MW di Jawa Timur, Serta sejumlah mini hydro.

Belum lama ini, Aboitiz Power Corp, perusahaan asal Filipina, mengakuisisi 49% kepemilikan atas partisipasi pada proyek PLTP Ijen Jawa Timur dari Medco Power.

Sumber : Investor Daily 29 September 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id
Updated on     Info Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *