Medco akan Bangun PLTG 2×800 MW

Medco Energi Internasional akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas berkapasitas 2×800 megawatt (MW). Medco berkomitmen untuk ikut menyukseskan program pemerintah penambahan kapasitas pembangkit listrik 35.000 MW dalam lima tahun mendatang.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Medco Energi Lukman Mahfoedz menuturkan, pihaknya mulai aktif menggarap proyek pembangkit listrik. Langkah ini diambil guna mendukup proyek 35 ribu MW yang dicanangkan pemerintah.

“Yang Medco usulkan bersama partner di satu tempat dengan kapasitasnya 2×800 MW,” kata dia di Jakarta.

Pembangkit yang akan dibangun itu, sebut dia, yakni pembangkit listrik berbahan bakar gas. Namun, dia enggan merinci dimana lokasi dan berapa besaran investasi yang dibutuhkan untuk proyek pembangkit tersebut.

Namun, tegas Lukman, Medco sudah berpengalaman menggarap proyek pembangkit sejenis. Saat inipun, pembangkit listrik tenaga gas milik Medco di Batam, Kepulauan Riau sudah memenuhi 65% kebutuhan setrum di wilayah tersebut “Sementara di Jawa-Bali, kami sudah 10 tahun mengoperasikan pembangkit gas 2×660 MW” ujar dia.

Saat ini, Medco melalui anak usahanya Medco Power Indonesia (MPT) juga tengah menggarap sejumlah proyek pembangkit. Salah satunya PLTP Sarulla 3×110 MW yang dibangun bersama Itochu Corporation, Kyushu Electric Power Corporation, dan Ormat International Inc.

Dengan masa konstruksi selama dua tahun, unit pertama pembangkit ini sebesar 110 MW ditargetkan bisa beroperasi pada 2016. Kemudian diikuti oleh unit kedua dan ketiga masing-masing sebesar 110 MW pada 2017 dan 2018. Selain itu, Medco Power juga tengah menggarap PLTP Ijen 55 MW.

Info Terkait :   ESDM Yakinkan Investor Terkait Program 35000 MW

Selain di Batam dan Jawa-Bali, Medco Power juga memiliki saham dalam pembangkit 195 MW di Sengkang, Sulawesi Selatan. Kemudian, Medco juga mengoperasi PLTG 2×3 MW di Lapangan Singa, Lematang, Sumatera Selatan, serta PLTG masing-masing 2×6 MW di Prabumulih dan Palembang.

Sehingga, sampai sekarang, Medco memiliki pembangkit di 10 lokasi dengan rincian lima lokasi di Sumatra, tjga lokasi di Jawa, dan dua lokasi di Sulawesi.

Sumber : Investor Daily

Sakana Food Depok www.sakana.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *