Urusan Lahan PLTA Cisokan Tuntas Mei 2015

PT Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Pembangunan VI menargetkan pembebasan lahan seluas 300 ha untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air Cisokan akan tuntas pada Mei 2015.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) VI Anang Yahmadi mengatakan pengadaan lahan masyarakat dan hutan sudah lebih dari 75% sehingga prosesnya diperkirakan tak akan lama lagi.

“Asalkan tidak kerasukan orang-orang yang memanfaatkan situasi untuk mencari keuntungan, prosesnya akan jauh lebih cepat lagi,” katanya, kepada Bisnis, senin (6/4).

Mengenai lahan hutan milik Perhutani, pihaknya telah mendapatkan izin dispensasi sambil mencari tanah pengganti untuk selanjutnya mendapatkan izin pemakaian lahan.

Terlebih lahan pengganti untuk hutan tersebut telah ada dan tinggal mendapatkan persetujuan dari Menteri Kehutanan untuk dijadikan lahan pengganti.

Target Selesai 2018

Mega proyek PLTA Upper Cisokan dengan kapasitas 1.000 MW rencananya dibangun di Kecamatan Cipongkor dan Rongga dengan target penyelesaian pada 2018.

Pemda Bandung Barat mengupayakan pembebasan lahan seluas 69 hektar di Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga yang menjadi kawasan rendam dalam proyek PLTA Cisokan segera rampung.

Kabag Tata Pemerintahan Yadi Azhar menjelaskan, untuk kawasan rendam di Desa Sukaresmi terbagi pada tiga blok antara Iain blok lembur sawah seluas 19 hektare, blok Cibima 20 hektare, dan blok Cilawang 30 hektare.

Sumber : Bisnis Indonesia

Info Terkait :   Ketersediaan Waduk Besar untuk PLTA Aman
Sakana Food Depok www.sakana.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *