Ketersediaan Waduk Besar untuk PLTA Aman

waduk-plta

waduk-plta

Ketersediaan air dalam waduk besar yang biasa dipakai untuk membangkitkan energi dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dinilai aman.

“Biasanya PLTA ada di waduk besar yang sampai saat ini masih aman,” kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, seperti dikutip Antara.

Menurut dia, dari 91 waduk yang telah dimonitor memang terdapat 17 waduk yang kering tetapi itu semuanya adalah waduk yang berukuran kecil yang tidak terkait dengan PLTA Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memantau secara intensif ketersediaan air di berbagai waduk terlebih setelah diketahui bahwa sejumlah wilayah sejak Mei 2015 telah mengalami hari tanpa hujan lebih dari 60 hari.

Menurut dia, pihaknya telah mengambil sejumlah langkah sebagai antisipasi dalam menghadapi kekeringan seperti melakukan penyuluhan kepada petani untuk menjelaskan bagaimana memanfaatkan air secara efisien dan efektif.

Selain itu, lanjutnya, penyuluhan tersebut juga melalui program Gerakan Hemat Air yang juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap pelestarian lingkungan hidup.

Selain langkah antisipasi, Kemenpupera juga membuat langkah yang sifatnya jangka pendek antara lain penangggulangan kekeringan, dengan cara menyediakan pompa air, suplai air bersih melalui mobil tanki dan hidran umum di daerah krisis air, juga membuat sumur-sumur dalam yang dilengkapi dengan pompa.

“Itu langkah jangka pendek. Untuk jangka menengah melakukan percepatan pembangunan 13 bendungan yang tersebar di 10 provinsi di tahun 2015,” tutur Basuki.

Info Terkait :   Nusantara Infrastructure Bangun PLTA Lariang US$ 376 Juta

Sumber : Investor Daily 7 Agustus 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id
Updated on     Info Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *