DPR Apresiasi PLN soal Tender PLTU

pembangkit-listrik-tenaga-uap

Komisi VII DPR memberi apresiasi kepada PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) terkait evaluasi tender PLTGU Jawa-1 yang sejauh ini dinilai sudah berjalan dengan baik.

Ketua Komisi VII DPR Gus Irawan mengatakan, memilih konsorsium yang memberikan penawaran terbaik, tentu akan menjadi penghematan yang luar biasa bagi PLN dan negara. “Kalau bisa dengan investasi yang lebih rendah tentu lebih bagus. Tentu saja dengan kualitas yang tetap terjaga,” kata Gus di Jakarta, akhir pekan lalu.

Menurut dia, jika ada harga yang sudah tercipta dengan kepastian untuk menjaga kualitas sesuai standar yang ditetapkan, tentu bisa jadi rujukan juga buat yang berikut.

Konsorsium Pertamina dikabarkan berhasil memberikan harga termurah pada tender pembangkit listrik PLTGU Jawa-1, dengan perbedaan harga penawaran mencapai US$ 2,3-2,4 miliar atau sekitar Rp 30 triliun sepanjang masa kontrak. Konsorsium Pertamina dalam tender kali ini menggandeng dua raksasa dari Jepang, Marubeni dan Sojitz.

Menurut anggota Komisi VII DPR RI Hary Purnomo, Pertamina tentunya sudah memperhitungkan secara matang dan detail penawaran itu. Untuk itu dia juga yakin, bahwa Pertamina akan bisa menyelesaikan pekerjaan itu dengan baik.

“PLN harus diberi apresiasi. Karena ini jelas merupakan penghematan keuangan negara yang luar biasa, sepanjang spesifkasi teknisnya sesuai dengan persyaratan yang diminta,” kata Hari.

Hari melanjutkan, jika nanti PLN menunjuk konsorsium Pertamina sebagai pemenang, dengan penawaran harga terbaik dan spesifikasi memenuhi persyaratan yang diminta, berarti menjadi benchmark bagi proyek-proyek PLN selanjutnya.

Info Terkait :   PLN Mulai Mendata Pelanggan 900VA Layak Subsidi

Sumber : Investor Daily 10 Oktober 2016

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *