Berinvestasi di Bisnis Listrik Masa Depan

pembangkit-listrik-tenaga-bayu

Dunia kini berada di tengah-tengah pergeseran kekuatan utama. Bukan kekuatan politik, tetapi kekuatan tenaga listrik yang dihasilkan oleh berbagai sumber daya – mulai dari dari gas alam hingga ke energi terbarukan.

Transformasi ini belum pernah terjadi sebelumnya dalam industri listrik global, dimana saat ini mengarah peningkatan kondisi lingkungan yang rendah karbon menjadi tantangan yang signifikan bagi negara-negara yang tengah berusaha untuk menyeimbangkan antara kebutuhan untuk keberlanjutan, keamanan energi dan daya saing.

Kondisi ini juga tentunya menjadi peluang luar biasa untuk berinvestasi dalam teknologi inovatif yang dapat membantu membawa pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan bagi negara dan meningkatkan standar hidup yang lebih tinggi bagi masyarakatnya.

Berbagai pemimpin dari sektor swasta dan publik berkumpul di Davos untuk ajang Forum Ekonomi Dunia tahunan, salah satunya menekankan topik yang membahas mengenai tindakan apa yang kita semua dapat ambil untuk memastikan kami bisa terns menarik investasi yang diperlukan untuk memastikan aman, ketersediaan tenaga listik yang blerkelanjutan bagi masyarakat di seluruh dunia.

Ini bukan tugas ringan karena dibutuhkan investasi hampir US$ 8 triliun sampai 2040 di negara dari Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) saja, mengutip Badan Energi Internasional (IEA). Tapi itu juga menjadi tantangan di Davos untuk menyatukan beberapa pikiran terbaik dan merancang solusi kreatif untuk masalah yang sulit ini.

Di tengah kepedulian tentang kebutuhan investasi listrik kita selama forum Davos tahun lalu, kami meluncurkan inisiatif mengenai Listrik Masa Depan untuk menentukan cara yang paling efektif untuk mengubah sektor ketenagalistrikan menjadi lebih berkelanjutan, terjangkau dan dapat diandalkan. Tahun ini, kami meluncurkan sebuah laporan yang memaparkan beberapa rekomendasi utama bagi para pembuat kebijakan, regulator, dan pelaku bisnis.

Info Terkait :   Pertamina Kembangkan Energi Baru Terbarukan US$ 4 Miliar

Beberapa rekomendasi yang saya percaya dan paling relevan diantaranya menciptakan tingkat area untuk meningkatkan kompetisi dan inovasi, mengembangkan kebijakan yang stabil untuk mengurangi risiko investor, memberikan insentif bagi investasi yang efisien ke konsumen akhir, dan mengambil pendekatan holistik untuk memastikan keandalan sistem

Hal ini termasuk mekanisme pasar yang memiliki insentif bagi kapasitas energi yang yang andal sebagai teknologi terbarukan seperti angin dan matahari yang menjadi sumber yang semakin penting dari listrik. Ada berbagai solusi yang berbeda, termasuk pembayaran kapasitas tetap atau lelang kapasitas – apa yang penting adalah bahwa ada sinyal yang jelas untuk memandu investasi terhadap prioritas yang tepat.

Kabar baiknya adalah bahwa inovasi dalam pengembangan gas alam dan sumber energi terbarukan mampu mempercepat kemajuan menuju masa depan yang rendah karbon. Ledakan gas shale di AS telah membantu membawa emisi ke beberapa tingkat terendah dalam dua dekade, menurut Administrasi Informasi Energi AS.

Sementara itu, teknologi turbin gas terbaru adalah salah satu cara mendapatkan biaya terendah untuk mengkonversi gas alam menjadi listrik, menawarkan tingkat baru dalam efisiensi dan fleksibilitas untuk integrasi energi terbarukan. Di GE, kami membantu perusahaan energi dan operator jaringan seperti Electricite de France.

SA (EDF) memuluskan pasokan dari energi terbarukan dengan gas turbin efisiensi tinggi yang dapat dengan cepat jalan sampai dengan kekuatan penuh saat energi surya dan tenaga angin tidak tersedia.

Info Terkait :   Dana Ketahanan Energi untuk Subsidi Listrik Energi Terbarukan

Kapasitas energi terbarukan telah berkembang dengan pesat dan biaya telah menurun sekitar 70 persen selama 10 tahun terakhir, yang mengakibatkan pertumbuhan 10 kali lipat. Energi terbarukan, termasuk tenaga air, sekarang mencapai sekitar seperlima dari pembangkit listrik global dan memberikan kontribusi seperempat dari kekuatan dunia pada tahun 2018. Dengan diversifikasi peningkatan sumber yang tersedia, produsen listrik harus menemukan campuran yang paling efisien dari investasi dalam energi terbarukan dan generasi konvensional.

Sementara itu, utilitas dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas dengan berinvestasi di teknologi Big Data hardware dan software yang inovatif. Kami membantu produsen seperti FirstWind meningkatkan output menggunakan solusi internet Industri seperti PowerUp, menghasilkan lebih dari $ 1 juta dalam pendapatan tambahan tahunan per area.

Tetapi bisnis dan pemerintah tidak dapat mencapai keberlanjutan nya sendiri – konsumen juga memilih peran penting untuk bermain. Apakah itu yang sederhana seperti memasang lampu LED atau menjadi bagian dari konsumen energi pintar gerakan yang berkembang, menggunakan perangkai cerdas untuk mengatur penggunaan energi mereka.

Kita semua memiliki kewajiban untuk generasi mendatang untuk berinvestasi dalam sistem kelistrikan yang lebih berkelanjutan, terjangkau dan dapat diandalkan dan memberikan landasan yang kuat untuk pertumbuhan ekonomi dan kualitas hidup yang lebih baik. Laporan ini menawarkan panduan tentang menarik investasi untul memastikan kami bertransisi menuju sektor listrik masa depan.

Sumber : Investor Daily 28 September 2015

Sakana Food Depok www.sakana.id

One thought on “Berinvestasi di Bisnis Listrik Masa Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *