Atasi Krisis Listrik, PLN NTB Terkendala Finansial

Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad, dalam keterangan pers yang diterima Media Indonesia, mendesak PT PLN untuk segera mengatasi krisis listrik di NTB. “Berdasarkan paparan PLN dan ESDM, menunjukkan daya dukung pembangkit listrik di NTB belum memadai dan menyebabkan krisis listrik berkepanjangan,” kata Farouk seusai pertemuan dengan Kementerian ESDM dan PT PLN di Jakarta.

Selain itu, ada permasalahan terlambatnya pembangunan pembangkit listrik di NTB, seperti kesulitan finansial (negative cashflow), permasalahan tata ruang pada lokasi pembangunan, dan kelayakan teknis dalam proyek fisik.

Farouk menambahkan, rencananya pada Mei 2016 akan di operasikan marine vessel power plant (MVPP/pembangkit listrik terapung) berdaya 60 MW sebagai langkah mitigasi mundurnya pembangkit Lombok Peaker.

Selain itu, dalam rangka mendukung pelaksanaan puncak Hari Pers Nasional di NTB, akan dipasok disel dengan kapasitas 2 x 10 MW pada 5 Februari 2016, kemudian ditambah diesel dengan kapasitas 2 x 10 MW pada 9 Februari 2016.

Manajer Senior Humas PLN Agung Murdifi tidak memungkiri sejumlah daerah mengalami krisis listrik.

“PLN memetakan daerah-daerah yang defisit listrik. Upaya yang kita lakukan termasuk menyediakan kapal pembangkit listrik apung, seperti di Sulawesi Utara dan Gorontalo,” ujar dia.

Selain itu, lanjut dia, jajaran PLN di daerah diminta untuk terus merawat pembangkit listrik secara rutin. “Perawatan itu sudah ada jadwalnya, baik bulanan maupun tahunan. Kalau ada gangguan, itu wajar. Mungkin faktor alam atau yang lainnya.”

Info Terkait :   Perkuat Jakarta-Banten, PLN Operasikan 3 Gardu Induk

Sumber : Media Indonesia 2 FebruariĀ 2016

2 thoughts on “Atasi Krisis Listrik, PLN NTB Terkendala Finansial

  1. Werner Soehwatno says:

    Dear PPA holders,

    We could help you in providing technology and project financing for Biomass projects, Municipal Solid Waste projects. Hopefully this information is useful for everyone who looks for solving their problems.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *