Akon Lighting Indonesia : Terangi Pemukiman Adat Terpencil

Akon Lighting

Melalui program Akon Lighting, 500 hunian warga adat terpencil akan dipasangi panel surya.

Rapper sekaligus pencipta lagu asal Amerika, Aliaume Damala Badara Akon Thiam alias Akon, 42, hadir di Indonesia. Alasan dia datang bukan untuk urusan konser komersial, melainkan menjalankan program kemanusiaan yang digagasnya, Akon Lighting. Melalui program itu, ia akan memberikan akses listrik kepada permukiman adat terpencil, termasuk hunian suku Anak Dalam di Jambi.

Melalui program tersebut, rumah-rumah mereka akan dipasangi panel-panel pembangkit listrik tenaga surya. Dengan demikian, warga suku Anak Dalam dan komunitas adat terpencil lain nantinya bisa menikmati aliran listrik. Untuk menyukseskan program itu, Akon bekerja sama dengan Yayasan Dwiyuna Jaya Foundation dan difasilitasi Kementerian Sosial serta Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

“Program ini berlandas asas kemanusiaan. Membantu sesama manusia ialah kewajiban,” ujar Akon ketika menandatangani nota kerja sama dengan Yayasan Dwiyuna Jaya Foundation disaksikan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Joko Putro Sandjojo, dan Alwi Shihab di Kantor Kementerian Sosial, Jakarta, kemarin.

Akon Lighting Indonesia

Sebelum hadir di Indonesia, Akon Lighting telah berjalan di 25 negara Afrika. Indonesia, kata Akon, yang memiliki banyak masyarakat di daerah terpencil dan pedalaman, dapat menjadi proyek percontohan program tersebut di wilayah Asia.

Info Terkait :   Bangun PLTMH, Grup ABM Siapkan Dana US$ 150 Juta

“Program ini tidak hanya diperuntukkan masyarakat di Afrika, tapi juga negara-negara lain,” imbuh dia.

Menurutnya, aliran listrik merupakan hal penting yang dibutuhkan masyarakat. Pengembangan pembangkit tenaga listrik diperlukan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Indonesia mempunyai banyak sumber daya yang bisa dikembangkan.

“Saya selama ini membayangkan, bagaimana jika saya tinggal di daerah terpencil dan hidup seperti mereka? Atas hal tersebut, kita harus saling membantu,” tutur pelantun lagu Lonely itu.

Segera setelah kunjungannya ke Indonesia, tim teknis akan bekerja sama dengan kementerian terkait untuk meninjau permukiman adat terpencil yang belum terfasilitasi listrik. Direncanakan, pemasangan panel surya itu akan dilakukan pada 500 rumah.

Pada kesempatan sama, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan keberpihakan pada komunitas adat terpencil seperti yang dilakukan Akon merupakan hal yang mulia. Pemerintah, kata Mensos, mempunyai program inisiasi akses listrik untuk perdesaan. Namun, karena komunitas adat terpencil umumnya tinggal di wilayah terisolasi, mereka sulit terjangkau Perusahaan Listrik Negara (PLN). “Energi listrik bertenaga surya ini bisa menjadi solusi,” tutur Mensos.

Seusai menandatangani nota kerja sama, Akon menggelar konser mini. Dia menyanyikan tiga lagu hit miliknya, yaitu Lonely, Right Now (Na Na Na) dan Smack That. Penampilan disambut riuh oleh hadirin.

Sumber : Media Indonesia 9 Maret 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *