30 Proyek Infrastruktur Rp 851 Triliun Jadi Prioritas

pln-indonesia

Kemudahan dan Jaminan

Luky menjelaskan, dengan ditetapkannya proyek infrastruktur sebagai proyek prioritas, para pejabat dan badan usaha pelaksana akan mendapat kemudahan dan jaminan. Selain diatur dalam Perpres No 3 Tahun 2016, kemudahan dan jaminan itu ditetapkan dalam Instruksi Presiden (Inpres) No 1 Tahun 2016 tentang Percepatan kerja sama pemerintah swasta (KPS), dan penugasan BUMN.

Sofyan menjelaskan PKBU dan KPS akan membantu penyediaan infrastruktur secara keseluruhan di Indonesia. Soalnya, di samping 30 proyek prioritas, masih terdapat proyek murni APBN yang akan dipercercepat pemerintah, misalnya pembangunan 48 bendungan. “Kebutuhan dana infrastruktur sangat besar, terutama untuk luar Jawa. Jika swasta berminat, tentu kami dukung,” tegas dia.

Dirjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu Robert Pakpahan mengatakan. KPPIP akan memetakan skema pembiayaan ke-30 proyek tersebut Kemenkeu juga bakal mengkaji kemungkinan memperbesar alokasi dana dukungan tunai (viability gap funding/VGF) untuk proyek prioritas infrastruktur. Pada APBN 2016, VGF baru diberikan kepada dua proyek senilai Rp 1,1 triliun.

“Kami akan fasilitasi 30 proyek ini, apakah perlu VGF, jaminan politik, atau finansial. Kami juga akan mendukung sisi ekonominya agar investor tertarik,” ujar dia.

Sakana Food Depok www.sakana.id

Baca Halaman:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *