Mulai 1 Januari 2016, Tarif Listrik 900VA Naik

listrik-rumah-tangga

Update : Subsidi listrik 900VA dicabut 2017, tarif listrik 900VA naik bertahap sejak 1 Januari 2017 hingga 1 Juli 2017, Selengkapnya simak Tarif Listrik 900VA bertahap naik 2017

Update : Tarif listrik terkini bisa disimak pada Tarif Dasar Listrik PLN 2017
Sedangkan untuk mengetahui berapa kWh yang didapat, silakan gunakan
Kalkulator kWh Listrik Prabayar

Mulai 1 Januari 2016 tarif listrik pelanggan berdaya 900 VA yang saat ini sebesar Rp 605 per kWH, akan disamakan dengan tarif pelanggan berdaya 1.300 VA sebesar Rp 1.352 per kWh. Hal ini disebabkan berkurangnya alokasi subsidi listrik pada 2016.

“Nanti yang dimigrasi tarifnya. Kalau dia mau tetap pakai 900VA tidak apa-apa, cuma harganya jadi beda listrik yang 900VA non-subsidi,” ujar Sekretaris Perusahaan PT PLN Adi Supriono di Jakarta, Selasa (27/10).

Adi mengatakan PLN tidak akan memaksa pelanggan menaikkan daya listrik, tetapi masyarakat mampu yang tetap menggunakan daya 450VA dan 900VA akan dikenakan tarif nonsubsidi seperti pengguna daya 1.300VA. Hingga akhir 2015, ujar dia, PLN menawarkan penambahan daya dari 900VA ke 1.300VA tanpa dipungut biaya untuk mendorong masyarakat berpindah dari penggunaan daya 900VA yang disubsidi ke 1.300VA yang tidak disubsidi.

“Mekanisme pemindahan dari 900VA ke 1.300VA seperti tambah daya saja, tetapi tidak bayar. Jadi nanti di meternya itu diganti mini circuit breaker (MCB) atau pembatas arusnya. Itu aja. Bukan meternya, tetapi MCB-nya yang diganti,” kata Adi.

Tarif Listrik per Oktober 2015

Daya ListrikTarif listrikKeterangan
450 VARp 415 /kWhBersubsidi
900 VARp 605 /kWhBersubsidi
1300 VARp 1352 /kWhNon-Subsidi

Tarif listrik rumah tangga berdaya 1.300VA, kata dia, sesuai harga keenomian, yakni Rp 1.352 per kWh, sedangkan selama ini tarif listrik daya 450VA dengan subsidi sebesar Rp 415 per kwh dan tarif daya 900VA sebesar Rp 605 per kWh. Menurut Kepala Divisi Niaga PLN Benny Marbun, tarif keenomian tersebut diperhitungkan dari nilai tukar rupiah terhadap dolar, perubahan minyak bumi serta inflasi.

Sementara untuk perpindahan daya dari 450VA ke 1.300, Benny mengatakan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 797.000 dan dari 900VA ke 1300VA sebesar Rp 375.000 dan hingga akhir tahun biaya tersebut akan ditanggung PLN untuk masyarakat yang ingin berganti daya. Sedangkan untuk menyosialisasikan kebijakan tersebut, tutur dia, PLN telah mengunjungi langsung konsumen sejak pertengah Oktober 2015.

Info Terkait :   Hanya Butuh 16 Ribu MW, Proyek 35 Ribu MW Tak Realistis

“Sosialisasi mulai minggu lalu di seluruh Indonesia, sosialisasi langsung ke pers lokal, tokoh masyarakat, tokoh agama. Selama ini masyarakat banyak bertanya kriteria mampu dan tidak mampu,” ujar dia.

Hanya Rakyat Miskin yang Disubsidi

Untuk kriteria mampu dan tidak mampu, Benny mengatakan PLN memanfaatkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) dan melakukan pengecekan langsung di lapangan yang akan dilakukan hingga akhir tahun 2015 untuk mengetahui pelanggan PLN dari daftar masyarakat miskin.

Berdasarkan data TNP2K jumlah masyarakat tidak mampu, miskin, atau rentan miskin hanya sekitar 24,7 juta keluarga, sedangkan data pelanggan PLN golongan 450VA dan 900VA yang mendapatkan subsidi listrik sebanyak 48 juta pelanggan. Untuk itu, pemerintah akan mencabut subsidi listrik bagi 23 juta pelanggan mulai awal 2016.

Sebelumnya, Dektur Utama PLN Sofyan Basir mengatakan, pihaknya akan memindahkan pelanggan daya listrik 900VA ke 1.300VA hingga akhir 2015 agar subsidi listrik tepat sasaran. “Pelanggan 900VA akan dinaikkan semua ke 1.300VA, pelanggan 900VA itu ada 22 juta. Kalau ada yang komplain kami akan datangi rumahnya,” ujar Sofyan Basir di Jakarta, Senin (26/10). Untuk pelanggan daya 450VA, ia menuturkan akan dipindahkan tahun selanjutnya setelah pelanggan 900VA selesai dipindahkan.

Ia mengatakan banyak masyarakat yang tidak masuk kategori rakyat miskin sesuai ketentuan pemerintah, tetapi mengambil manfaat subsidi listrik dengan memasang daya 900VA dan 450VA sehingga perlu dipindahkan ke daya 1.300VA.

“Dengan memindahkan pengguna daya 450VA dan 900VA ke 1.300VA tersebut, ia memperkirakan pemerintah dapat menghemat dana subsidi listrik sebesar Rp 30 triliun per tahun. Tahun ini kita sudah irit kira-kira Rp 30 triliun, subsidi tahun depan Rp 30 triliun lagi, berarti dua tahun hemat subsidi Rp 60 triliun yang bisa dipakai untuk yang lain,” tutur dia.

Info Terkait :   Pertengahan 2016, PLN Targetkan Teken Kontrak 15 Ribu MW

Berdasarkan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), pelanggan PLN yang miskin sekitar 24 juta penduduk, sedangkan pelanggan listrik 450VA dan 900VA yang disubsidi berjumlah 45 juta. Undang-undang tentang kelistrikan mengamanahkan subsidi listrik untuk masyarakat tidak mampu dan dalam undang-undang tersebut diatur lebih detail mengenai penentuan masyarakat tidak mampu.

Anggaran Subsidi 2016 Turun

Sementara itu, menurut Kementerian ESDM, pemerintah hanya menganggarkan subsidi listrik sebesar Rp 37 triliun dalam RAPBN 2016, turun dari anggaran 2015 sekitar Rp 66 triliun karena subsidi listrik dinilai tidak tepat sasaran dan dinikmati penduduk yang mampu. Mulai 1 Januari 2016, sebanyak 20 juta pelanggan R-1 itu akan dikenakan tarif nonsubsidi atau keekonomian sebesar Rp 1.352 per kWh. Menurut Benny, ke-20 juta pelanggan tersebut akan langsung dikenakan tarif nonsubsidi Rp 1.352 per kWh mulai 1 Januari 2016.

Kebijakan pencabutan subsidi listrik bagi pelanggan rumah tangga R-1 yang tidak berhak tersebut merupakan tindak lanjut keputusan rapat kerja Komisi VII DPR dengan Menteri ESDM pada 17 September 2015.

Sesuai raker itu, diputuskan subsidi listrik tahun berjalan 2016 dialokasikan sebesar Rp 37,31 triliun dengari kebijakan pemberian subsidi listrik bagi 24,7 juta rumah tangga miskin dan rentan miskin sesuai data TNP2K Selanjutnya, berdasarkan keputusan raker dengan DPR itu, Menteri ESDM Sudirman Said melalui surat nomor 7294 tertanggal 30 September 2015 menugaskan PLN melakukan penyesuaian data pelanggan rumah tangga daya 450 dan 900 VA dengan data rumah tangga miskin dan rentan miskin yang dikelola TNP2K. Apabila akibat penyesuaian data pelanggan tersebut, lanjut surat Menteri ESDM, terdapat pelanggan rumah tangga yang berpindah menjadi tarif nonsubsidi, agar tidak dikenakan biaya tambah daya.

Sumber : Investor Daily 28 Oktober 2015

Update :

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah mulai bimbang untuk menaikkan tarif dasar listrik dan mencabut subsidi pada sebagian pengguna.

Padahal, hal tersebut sudah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2016.

Selengkapnya : Tarif Listrik Tidak Jadi Naik 1 Januari 2016

85 thoughts on “Mulai 1 Januari 2016, Tarif Listrik 900VA Naik

  1. Yoshioka says:

    Gile naik 2x lipat per kWh nya
    Buat pengguna 900VA
    Rugi banget pake 900 kalo kayak gitu mending ke 1300VA bisa pasang banyak

    Terus kalo dicabut subsidi pelayanan akan bertambah lebih bagus ga?
    Selama ini pake listrik di bekasi ga pernah dapet 220V pasti 180V
    Apakah yang kayak gini bakalan terusga ada perbaikan dan peningkatan?

    1. gatot says:

      Kenapa Pemerintah Hobi nya nyabutin Subsidi ya ? ga kasihanapa sama orang2 miskin,
      di subsidi aj bayar nya masih nunggak apalagi tanpa subsidi.#MakinSuram

  2. Tomy says:

    Ingat ada orang yang berKPS tetapi kaya, tapi ada orang miskin tapi tak punnya KPS atau kartu miskin yg lainnya, mohon untuk teliti jgn salh sehingga akan timbul kecemburuan

  3. Tri Rahayu says:

    kemarin baru aja ke PLN mau nambah daya dr 450 ke 900 biaya 421 tp harus cari KPS dl.
    trus baca info ini jadi ragu .. mending ke 1300 aja skalian ya??
    oya gratisnya itu beneran ga sih? berlaku seluruh indonesia tdk?

  4. titus soepono adji says:

    Menurut saya lebih tepat 3 tahap, bersubsidi (450va untuk yang tidak mampu), berinsentif (900va bagi pelanggan yang berkomitmen hema energi), dan non subsidi.
    Seperti kita tahu belakangan PLN mengkampanyekan gerakan hemat energi. Artinya bagi pelanggan yang mau hemat energi (mendukung program pemerintah/PLN) semestinya mendapat insentif juga. Mereka ini sangat cermat menghitung penggunaan energinya dengan memaksimalkan konsumsi listriknya sampai VA yang sangat terbatas. Jikapun tarifnya berbeda dari tarif subsidi, ada baiknya tidak terlalu jauh dari tarif subsidi.

  5. Evy Sunandra says:

    Tlog dperjelas katagori mampu n tdk mampu, klw berdasarkan data dri pemerintah tlog di cek ulang Valid ga data tersebut,
    Contoh:
    Jka PNS biasa dg gji katakanlah gaji sktr 4 jt, tngungaan anak yg kuliah n skolah ,blm untuk makn , kendraan mtor, katakan byr htg Bank,
    Anggap untuk anak kuliah perbln Rp 500.000,
    Biaya Semester katakan 250.000/bln
    Spp sekolah anak 100.000+ jajan150.000/ bln
    Makan sehari-hari dirumah Rp 1jt/ bln
    Bensin ngantor Rp 100.000/bln
    Listrik 900VA Rp 250.000/ bln (subsidi)
    Ansuran bank 45% dri gaji Rp 1,8 jt
    Pulsa 50 Rb/bln..
    Tlog dikoreksi klw slh n berlebihan
    Mhon konfirmasi..Tks

    1. MIKE says:

      Kalo gtu caranya semua pada minta subsidi pak e….. semua pengwluaran itu kan kwajiban pak. Seorang direktur saja, jika difikirkan banyak pengeluaran. Pak…….

  6. Heni says:

    Sy tinggal d perumahaan bersubsidi listrik sy 900w. Dl sy msh mampu byr listrik tp skrng suami sy d phk gmn mo byr apalagi naiknya 2x lipat blm lg semuanya naik. Mohon jgn cm liat rumahnya tp penghasilannya brp. Trmksh

  7. cahya says:

    Man mau memperkaya orang2 pln aja, masak kmrn saudara saya yg kerja di pln dapet uang pas hari listrik nasional, uang ultah pln 70jt, blm pas hariraya ied kmrn dapet thr 80jt, itu yg digunain uang siapa bung kok dibagi2 buat karyawan pln, itu uang rakyat bung

  8. nina says:

    Biasa dilapangan tu orang dkat or keluarga aparatur negara yg dpat kartu bpjs dan sjenisnya.sbaiknya anggota pln yg mengecek pmakaian listrik yang di meter listrik yang tahu rumah itu mampu or tdk mampu.jgn bdasarkan dia mmiliki kartu bpjs or jenisnya. Krn kbanyakan di lapangan itu byak org kaya yg punya bpjs gratis

  9. Nofri Nof says:

    Saya ragu apa maksud dari pln,menaik kan daya listrik 450/900 menjadi 1300. Dengan gratis,ini jadi tanda tanya?apa rencana nya?sementara kita harus hemat energi,kalau begini cara nya,ini pemborosan dan lagi masyarakat menengah ke bawah akan menjerik, akan tagihan nya mkasih!

  10. Nofri Nof says:

    Seharus nya pln mengurangi pemakayan listrik bukan menaik kan nya agar saudara2 kita dipelosok sana dapat menik mati nya masih banyak yang belum dapat menik mati listrik,ini ,malah menaik kan daya secara gratis jadi yg mana nama nya yg hemat energi?

  11. zamzam says:

    si miskin hanya punya tv harus pindah daya 1300 VA,si miskin punya sebuah sepeda motor buat jualan sayur harus pindah daya 1300 VA,si miskin punya seekor sapi juga harus pindah 1300 VA, ada lagi si miskin punya sawah seluas 1000 m2,dan tak punya kartu-kartu sakti seperti KKS KPS KIS KIP, sepertinya aturannya asal-asalan alias asal untung PLN dan tak peduli berapa penghasilan maupun biaya hidup sehari-hari pelanggannya, inilah foto kecil dari negeri bisnis untuk dan pada rakyatnya, bukan negeri kemakmuran untuk dan pada rakyatnya seperti tercantum dalam undang-undang dasar 45

  12. Peter says:

    Tarif dinaikan untuk menutupi inefisiensi PLN, kalau saja listrik dibuka untuk swasta juga baru keliatan tuh mana tarif kompetitif, kalau ga ya PLN bisa seenaknya. Contoh saja bbm, katanya skrg subsidi dicabut jdi ikut harga pasaran internasional, sedangkan harga minyak dunia udah turun lebih dari 30% semenjak tahun kmrn, bbm tetap aja tuh, giliran naik cepat kali ikut naik

  13. nurul pancaningrum says:

    PLN ni makin lama malah ribet aja….harusnya itu jangan lihat rumah dilihat penghasilan perbulan klo suami wiyata istri IRT masa suruh bayar listrik dengan daya 1300 waduh tambah pusing…klo harus syaratnya dapat kartu miskin pdhal kagak punya……pln oh pln ribet banget

  14. legowo says:

    Orang hidup itu kebutuane bukan listrek tok bro .jajan ank sekolah beli beras pakaian obat kesehatan .lebih penting dri yg lainya .kalo pln mau progam gitu kayake gk setuju banget deh.kecuali kalau naik nya bettahap sedikit 2 mungkin lebih baik.betulllll…

  15. rio says:

    pak mau naik daya 450va ke 900va perlu kis kip jaminan sosial ? 1 katagori orang miskin itu pendapatan bln nya brp? 2 yg punya kip kis jaminan sosial harus yg punya .lah saya ngontrak . gak mungkin jg saya minta surat ket gak mampu yg punya kontrakan .krn yg punya org mampu.lah tapi masalah nya yg bayar kontrakan kan saya .yg hanya bekerja sbgai buruh ?
    enak sekali yha yg uda ditarif 900va walau dia mampu…. kebijakan pemerintah yg semerawut

      1. reski swandito says:

        Mohon di cek untuk data masyarakat miskin di daerah grobogan…saya tanya di kantor pln listrik 900 va sudah dak ada..yg bisa harus data dari bp2kn..kalo harus 1300 va…kami yg susah pak…hanya sebagaii buruh…terima kasih

  16. Kuncen Talaga says:

    Yg miskin itu tidak mungkin bisa bayar listrik…, karena buat beli beras aja kadang ada kadang tidak…
    Yg dapat bantuan itu cuma yg kurang mampu aja…, yg tidak mampu bayar listrik pasti dicabut…!!!

  17. Kuncen Talaga says:

    Ada 3 Faktor penyebab utama Pemakaian Listrik “boros/mahal…” :

    1. Pemakaian Daya Listrik banyak / berlebihan…;

    2. Instalasi Listrik tdk memadai / tdk sesuai Standar Layak Operasi (SPLN)…;

    3. Terjadi induksi / kebocoran akibat Kelalaian Pemakaian & atau Teknis Pemasangan…;

    -Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya… :

    1. Gunakan Energi Listrik sesuai kebutuhan & atau kepentingan yg pasti…;

    2. Gunakan Kabel minimal volume kawat tembaga ukuran 1,5mm full, untuk Daya 1.300 VA kebawah…;

    Pilih merk Kabel yg benar2 Lolos Uji (SLO) seperti : Praba, Lestari, Eterna, Goal & Shigeru silver…;

    3. Gunakan Lampu Penerangan yg efisien, seperti jenis LED…;

    Cari dan temukan Lampu Daya (Watt) kecil & Lumens tinggi, karena terang & redupnya lampu bukan tergantung brp besarnya Daya (Watt) tapi ditentukan oleh s’brp kekuatan cahaya yg dikeluarkan (Lumens)…;

    Pastikan setiap jenis elektronik yg dipakai hemat energi, dengan cara tekan angka 47 lalu tombol enter key di kWh LPB (Pulsa) akan muncul dimonitor angka Daya (Watt) yg dipakai…;

    4. Gunakan Jasa Instalatir resmi & profesional ketika Pemasangan Instalasi, untuk menghindari terjadinya kesalahan teknis Pemasangan…!!!

    Selamat &semoga bermanfa’at…!!!

  18. budiana says:

    saya mau naikin dr 450 ke 1300 vA.ktnya d gratiskan biayanya yg taripnya 797.000. itu.tp kt ptgas pln hrs byr 1.3 jt……gmn ini pk Dirut pln kok bawahannya gk ngerti dgn kebijakan anda.cb bereskan dl aparatnya sblm mlkukan program anda.

  19. andra says:

    Kepada wakil rakyat harusnya memperhartikan nasib rakyat, wakil rakyat kan sudah di percaya oleh rakyat,sebaiknya mereka memperjuangkan kesejahteraan rakyat dan kasih solusi atau suatu jalan keluar yang bisa menyelessaikan masalah ketenagaan listrik d indonesia ini biar murah dan di nikmati untuk semua kalangan masyarakat, misalnya dengan trobosan baru membuat pembangkit tenaga listrik dari cel surya, atau memanfaatkan angin, itu saya kira untuk cost atau biaya lebih efisien dan tidak mahal, disamping itu saya pribadi tidak setuju kalo pemerintah main cabut aja subsidi khususnya tenaga listrik untuk rumah tangga, tolong dong pak JOKOWI PRESIDEN INDONESIA jangan di cabut subsidinya, padahal sudah jelas di Pasal 33 ayat (2) dan (3) UUD 1945, bahwa sgala sesuatu yang mencakup hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara dan sepenuhnya untuk kesejahteraan rakyat. KLO MAIN CABUT SUBSIDI TRUS DIMANA LETAK KESEJAHTERAANYA….?????????

  20. R SUTARTOYO, SST says:

    isunya tarif turun tapi masyarakat bayarnya nambah karena subsidi dicabut (utk daya 900 w) yg disamakan dg daya 1300 w. berarti masyarakat dipaksa untuk menggunakan daya 1300 w. padahal yg namanya penggunaan listrik rakyat berhemat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar. kalo begini ya rakyat cilik yg rekoso, karena harus pake listrik yang tidak sesuai dg kemampuannya.

  21. ahmad says:

    kerja kuli bangunan,kadang kerja kadang gak.mau tambah daya malah di suruh 1300.dengan alasan harus punya kartu.mana keadilan di negara ini yg punya kartu kq orang yg kaya2 di kampung ku

  22. Tesla Trooper says:

    Permisi, saya mau jualan listrik murah produksi sendiri. Bisa beli per meter atau per kilogram, terserah sukanya yang mana. Bisa dipakai ditempat atau dibungkus bawa pulang boleh aja. Dengan kata lain, dah males gua sama PLN masa bodo dah lu mau ngomong apa.

  23. waisul firdaus says:

    selama ada carut marut data base kependudukan.. selama ada syahwat politik pemerintah dan DPR tentang SUBSIDI.. selama terjadi inefisiensi produsen listrik (PLN).. selama ada keengganan sejumlah pihak mencari Sumber Energi utk produksi listrik non-BBM misalnya PANAS MATAHARI / PANAS BUMI, PUSARAN AIR LAUT, atau bahkan NUKLIR.. selama rendahnya daya beli masyarakat.. selama itu pula tarif listrik akan memberatkan Rakyat Kecil…

  24. YUS says:

    Tahun ini ditargetkan 900va naik semua jadi 1300va.. tahun berikutnya 450va naik semua jadi 1300va imbasnya entar beban pembangkit listrik terlalu tinggi.. pasokan kurang.. kembali ke pemadaman bergilir.. dampak lainya tidak mengajarkan masyarakat hemat energi.. semoga PLN tidak akan mengibarkan bendera untuk menolak Go Green??

    1. ANDRA says:

      Tlog dperjelas katagori mampu n tdk mampu, klw berdasarkan data dri pemerintah tlog di cek ulang Valid ga data tersebut,
      Contoh:
      Jka PNS biasa dg gji katakanlah gaji sktr 4 jt, tngungaan anak yg kuliah n skolah ,blm untuk makn , kendraan mtor, katakan byr htg Bank,
      Anggap untuk anak kuliah perbln Rp 500.000,
      Biaya Semester katakan 250.000/bln
      Spp sekolah anak 100.000+ jajan150.000/ bln
      Makan sehari-hari dirumah Rp 1jt/ bln
      Bensin ngantor Rp 100.000/bln
      Listrik 900VA Rp 250.000/ bln (subsidi)
      Ansuran bank 45% dri gaji Rp 1,8 jt
      Pulsa 50 Rb/bln..
      Tlog dikoreksi klw slh n berlebihan
      Mhon konfirmasi..Tks

      SAYA SETUJU KLO PNS GAK USAH DI SUBSIDI, SOALNYA DIA MASIH MENDING PERBULAN DAPAT 4JT, KLO SAYA MAH KADANG DAPAT KADANG ENGGAK, KLO DAPAT DI KALKULASI PERBULAN CUMA 2JT, KADANG MALAH NGGAK NYAMPE

  25. ANDRA says:

    Tlog dperjelas katagori mampu n tdk mampu, klw berdasarkan data dri pemerintah tlog di cek ulang Valid ga data tersebut,

    SAYA SETUJU KLO PNS GAK USAH DI SUBSIDI, SOALNYA DIA MASIH MENDING PERBULAN DAPAT 4JT, KLO SAYA MAH KADANG DAPAT KADANG ENGGAK, KLO DAPAT DI KALKULASI PERBULAN CUMA 2JT, KADANG MALAH NGGAK NYAMPE

  26. ma'ruf says:

    akurasi data itu perlu……..
    tetangga saya kerja apa adanya,g ada tu perhatian dari pemerintah apa itu kartu sosial kis atau kip apalgi rentan miskin
    adalagi satunya punya kendaraan,sawah + gaji bulanan tapi dapat kartu dari pemerintah
    satunya lagi,benar orangnya miskin hidup apa adanya dapat kartu dari pemerintah tapi namanya kurang tepat,nomor ktp g cocok,alamat cocok trus DATA PEMERINTAH AMBILNYA DARI MANA!?APA CUMA ALIBI NGELUARIN KARTU TAPI G BISA DIPAKAI?
    ?ATAU SUBSIDI UNTUK BAYAR GAJI ORANG PEMERINTAH YG KERJANYA “ASAL KERJA” “ASAL ABSEN”kuang TANGGUNG JAWAB mereka berslogan”WE BELIEVE IN QUALITY SERVICE” ” PELINDUNG,PELAYAN DAN PENGAYOM MASYARAKAT”nyatanya………????
    seribu alasan bisa dipakai untuk urusan subsidi

  27. Nasokha says:

    barusan aku dpt pemberitahuan dr PLN kalau diundang ke kantor PLN tuk pengajuan tambah daya 900 ke 1300 dikarenakan pemakaian 3 bln terakhir melebihi batas subsidi rata2 300 kwh lebih perbln dgn biaya gratis. tp klo naiknya segitu dr 200 an rb menjd 400 an rb. ya tak ulur dulu ah selama subsidi blum dicabut lumayan

  28. Agus sunarko says:

    saya baru mau pasang baru yang mana ini 900Va sama dengan 1300Va atau beda bagaimana cara kita tau kita termasuk di (TNP2K)?

  29. Ning says:

    Kebijakan pelistrikan ditetapkan keputusan menteri esdm,yg pastinya dah diiyakan presiden melibatkn dirut & dpr. Ini negeri dibebaskan para pahlawan dari penjajahan utk melindungi&mensejahterakan rakyat bukan utk diperdagangkn apalagi dimonopoli dengan menindas rakyatnya yg sdh membiayai para abdinya (abdi yg malah jd majikan)yg mestinya mikirkan bagaimana supaya semua murah..adil&makmur bukan berdalih ini itu hanya karena tidak becus cari jalan keluar masalah hutang,korupsi,monopoli dsb sehingga rakyat dipalaki terus. Dulu desa2 gelap karena listrik belum masuk. Sekarang kota&desa bisa gelap krn pemadaman atau rakyat tdk mampu bayar listrik.Kalau gaji mereka semua setara gaji dirut pln/menteri esdm/dpr/presiden…gpp pak listrik gk subsidi&tarif dinaikkan.
    Sudah waktunya rakyat mandiri membuat sumber2 daya sendiri…tak usah ribet dengan aparatur negara alias pemerintah yg cuma bisa merintah bukan jadi pamong praja yg melindungi rakyatnya. Ingat amanat di pembukaan uud 45.

  30. wahono says:

    Pln payah atasan nggak turun atau cek ya gini jadinya.. Masa’ Daya 1300 di pukul rata pa lg surat miskin segala. Harusnya ada program rumah sendiri tak ada bisnis kan 900 dah standar. Malah di nggak ada pdhl 900 dah merakyat kok di persulit Ayo lah evaluasi cek kerja bawahan profesional nggak.

  31. Wahyudi says:

    Ini ada kejadian kalau KTP yang di buat syarat untuk pasang listrik baru punya tetangga miskin kenapa di bolehkan padahal orang yg pinjem itu sawahnya banyak. Siapa yg di salahkan petugas lapangan apa yg memasang meteran..

  32. kambiye ahmad says:

    PLN TIDAK ADIL masih banyak pegawai negeri tp listriknya cuma berdaya 450/900 sedangkan bagi rakyat kecil yg mau pasang listrik 450/900 di buat repot/di tolak,pdhl punya kartu jokowi.

  33. Jonathan says:

    Saya di kalimantan selatan
    Saya cuma pegawai honorer instansi pemerintah yang cuma berpenghasilan Rp. 1.200.000 dengan biaya hidup d kalimantan yang lebih mahal di bandingkan dengan biaya hidup di pulau jawa
    Lha kalau harus d bebani listrik yang 900Va naik k 1.300Va dengan tarif perKwh seperti itu
    Anak istri saya makan apa ,,,,,,

    Kaji ulang yang benar-benar lah sebelum ambil suatu kebijakan.

  34. sunardy says:

    bapak/ibu yg terhormat, pengambil kebijakan tarif listrik, tlng d tinjau lagi, karena banyak rakyat indonesia yg masih hidup di bawah gari kemiskinan, dengan demikian rakyat indonesia msh perlu subsidi. jangan sampai karena kebutuhan hidup yg meningkat rakyat miskin nekat melakukan perbuatan yang tidak terpuji. kasian rakyat miskin terus yg jadi korban kedzaliman para pengambil kebijakan…

  35. alifzikri says:

    Pln kurang adil masa saya yg paspasn pake daya 1300 smentara tetangga sebelah pake daya 900 yg jelas jelas dia lebih mampu dr saya dn mungkin lebh banyak lgi yg punya mobil mash pake daya 900
    Tolong d perhatikan jadilh pemimpin yg adil d cintai sama rakyatny

  36. Yanto says:

    Mas Numpang tanya, berapa abodemen listrik Rumah tangga dengan daya 2200 dan 4400 ? apakah ada perbedaan tersendiri ?

    Terus kalau mau menurunkan daya dari 4400 ke 2200, apakah akan dikenakan biaya ?

    Terima kasih.

  37. ASS. Saya rencananya mau meningkatkan rumah. Masalah nya berapa biaya pemindahan kabel listrik rumah saya bila dipindahkan dari atas atap kebawah atap rumah. Sedang kan kabel listrik diatas rumah saya ada 2 tetangga mengambil listrik dari tiang tongkang saya. Bila rumah saya rencana besok ditingkatkan maka kemungkinan kabel tersebut akan putus. Kalo di teli pemindahan kabel tersebut tidak ada penambahan kabel. Saya tinggal disumsel. Pagar alam. Mohon bantuannya dan penjelasan persedur masalah saya. Terima kasih atas bantuannya dan pelayanan.

  38. qaloq says:

    Kl msh pakai daya 450/900..jgn mau kl d suruh ganti k 1300. .biar dl ja.sblum subsidi ny d hapus.pemakain kl gak cukup dgn daya 450/900,bergantian saja pemakaian alat listrik ny.soal perbandingan tarif ny parah..2x lipat kl pakai yg 1300. Sy mlah mau turun daya dr 1300 k 900,d tolak.soal ny gak mampu.tp mreka gak percaya.meteran bawaan dr defloper 1300 watt.pln hrs ny bijak

  39. Darif Listrik Di PLN Ranting 4 Sumatera Selatan ( PLN cabang 4 Pengkalan Balai Banyuasin ) Semau nya saja pihak (Caloh mitra PLN) Kenakan Beban kan kepada Pelanggan dengan Bermacam macam Mudus Pungutan Liar (PUNGLI) yang di lakukan Pihak PLN Ranting 4 Pengkalan Balai Mohon di Evaluasi Ulang Dan di tindak ulah Oknum pegawai PLN Ranting 4 Pengkalan Balai Kabupaten Banyuasin Sum-Sel.

  40. shallum says:

    Hmmmmm…. Saya lhoo cma ngontrak bangsal, dayaa listrik nya 1300 Va.. Pemakaian jga ga seberapa elektronik di dlm rmh..
    Knp org kyk kami malah dpt yg 1300.. Nasib nasib…m ????????????

  41. jumaidi says:

    apaan ni pemerintah, knp rakyat kecil yg di rugikan.., klai mau kasih kebijakan data dulu dong benar2, apa kah kartu yg di sebut sakti itu sdh sampai kepada si miskin / blum? memang banyak hal aneh di negri kita ini.. sangat sulit u/ di pahami.

  42. Awang Hermawan says:

    Untuk pemerintah dimohon kebijaksanaanya untuk mementingkan kepentingan rakyat kecil karena dengan naiknya listrik maupun yang lainya sangat membebani kami sebagai rakyat kecil, klu penghasilan kami sebanding dengan pengeluaran kami tidak masalah wong sekarang dimana mana pada banyak yang ngeluh cari uang penghasilan tambah susah

  43. hendriawan says:

    Daya listrik dirumah saya 900, saya biasa bayar kira” 125rb, untuk bulan januari 2017 apakah naik atw tidak?
    Dan saya masih pake meteran listrik yg dulu, buksn token.

  44. andra says:

    KEPADA YANG TERHORMAT, BAPAK MENTRI ESDM, PARA WAKIL RAKYAT(DPR) PT PLN, MOHON UNTUK DAYA 900VA SUBSIDINYA JANGAN DI HAPUS, ITU SANGAT MEMBEBANI BAGI MASYARAKAT, SAYA RASA KEBIJAKAN ITU SANGAT TIDAK PRO RAKYAT,MOHON PAK KASIHANILAH KAMI, KLO MEMANG SUBSIDI LISTRIK TIDAK TEPAT SASARAN KENAPA UNTUK PEJABAT DAN PEGAWAI NEGRI DI DAERAH SAYA MASIH ADA YANG MENGGUNAKAN DAYA 450VA ITU PUN ADA YANG DIAKALI SATU RUMAH ADA YG MENGGUNAKAN METERAN DOUBEL, 450VA 2(METER) JADI DIA MASIH DAPAT SUBSIDI,(ITU MENURUT LAPORAN ORANG 2 BUKAN DARI SAYA PRIBADI , MOHON DI CEK ULANG APA BENAR ADA YANG MENGGUNAKAN METERAN DENGAN DAYA 450VA DOUBEL) DALAM SATU RUMAH.

  45. andra says:

    KEPADA YANG TERHORMAT, BAPAK MENTRI ESDM, PARA WAKIL RAKYAT(DPR) PT PLN, MOHON UNTUK DAYA 900VA SUBSIDINYA JANGAN DI HAPUS, ITU SANGAT MEMBEBANI BAGI MASYARAKAT, SAYA RASA KEBIJAKAN ITU SANGAT TIDAK PRO RAKYAT,MOHON PAK KASIHANILAH KAMI, KLO MEMANG SUBSIDI LISTRIK TIDAK TEPAT SASARAN KENAPA UNTUK PEJABAT DAN PEGAWAI NEGRI DI DAERAH SAYA MASIH ADA YANG MENGGUNAKAN DAYA 450VA ITU PUN ADA YANG DIAKALI SATU RUMAH ADA YG MENGGUNAKAN METERAN DOUBEL, 450VA 2(METER) JADI DIA MASIH DAPAT SUBSIDI,(ITU MENURUT LAPORAN ORANG-ORANG SEKITAR BUKAN DARI SAYA PRIBADI , MOHON DI CEK ULANG APA BENAR ADA YANG MENGGUNAKAN METERAN DENGAN DAYA 450VA DOUBEL) DALAM SATU RUMAH.

  46. gembel says:

    Itulah salahnya
    Semua d wakilkan ke Wakil Rakyat
    Korupsi d wakilkan
    Gaji besar d wakilkan
    Selingkuh d wakilkan
    Rumah mewah d wakilkan
    Mobil mewah d wakilkan
    Piknik ke luar negeri d wakilkan
    Jadi rakyat Indonesia tdk punya hak
    Semua sudah d wakilkan ke Wakil Rakyat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *